CIP Dukung Ijtima Dunia 2020 di Gowa Ditunda untuk Kemaslahatan

12
Bagikan via

Timurindonesia.com, Gowa – Direktur Eksekutif Center Information Public (CIP) Zulfiadi Muis mendukung langkah Pemkab Gowa untuk menunda dan tidak memberikan izin sementara untuk pelaksanaan kegiatan Ijtima Dunia 2020 Zona Asia di Desa Nirannuang, Kecamatan Bontomarannu.

“Untuk kemaslahatan bersama, kami mendukung acara Ijtima Dunia 2020 di Gowa ditunda sementara waktu. Apalagi semua aktivitas publik juga sudah dibatasi di Gowa, di tengah merebaknya isu virus covid-19 atau corona,” ungkap Zulfiadi Muis, Rabu (18/3/2020).

Rencananya acara Ijtima Dunia 2020 akan digelat pada Kamis (19/3/2020) besok. Pemkab Gowa juga secara tegas sudahmengeluarkan rekomendasi ditundanya pelaksanaan Ijtima Dunia 2020 zona Asia.

Zulfiadi Muis menyebutkan, kegiatan ibadah adalah hak asasi, hak paling dasar dari setiap insan manusia. Tapi ada kondisi di mana hak tersebut dikesampingkan untuk kemaslahatan banyak orang.

“Arab Saudi menunda pelaksanaan umrah jutaan umat Muslim ke Mekkah. Alasannya jelas, menjaga sari penyebaran pandemi kasus corona. Jadi berkumpulnya banyak orang di satu titil sementara baiknya dihindari untuk kebaikan bersama,” tegas Zulfiadi.

Sebelumnya, Sekretaris Kabupaten Gowa, Muchlis mengungkapkan beberapa kegiatan di Gowa direkomendasikan untuk ditunda, agar penularan Covid-19 bisa diminimalisir.

“Berdasarkan arahan Pak Bupati (Adnan Purichta Ichsan) dan dikeluarkannya surat edaran, maka semua kegiatan di Kabupaten Gowa untuk ditunda termasuk Ijtima Dunia 2020 zona Asia ini,” ungkapnya belum lama ini.

Menurut Muchlis, pihaknya telah mengirim surat penyampaian kepada panitia penyelenggara Ijtima Dunia 2020 Zona Asia untuk dilakukan penundaan.
“Jadi bukan dilarang, tapi ditunda untuk mencegah Covid-19,” jelasnya.

Leave a Reply