Dinsos Gowa Sebut Keluarga Daeng Nappa Penerima Bansos

25
Bagikan via

Oleh: Akbar

Makassar – Kepala Dinas Sosial kabupaten Gowa, Syamsuddin Bidol mengaku keluarga miskin atas nama Hasri Daeng Nappa di Dusun Tabbuakkang, Desa Katangka, Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa, Sulsel. Merupakan penerima bantuan sosial (Bansos) sejak 2016 silam.

“(Daeng Nappa) Penerima Bansos PKH (Program Keluarga Harapan) sejak tahun 2016 dengan jumlah Bantuan 2.475.000 pertahap, dalam setahun itu terima 4 tahap,” kata Syamsuddin melalui keterangan tertulisnya Sabtu, (22/2/2020).

Selain itu, kata Syamsuddin, Daeng Nappa setiap bulannya menerima
BPNT (bantuan Pangan Non Tunai) yang sekarang programnya berubah nama, yakni program bansos sembako dengan bantuan Rp 150.000 dan diwujudkan dalam bentuk 10 kikogram beras, telur dan Ayam setiap bulannya.

“Keluarga ini juga mendapatkan KIS (Kartu Indonesia Sehat). Dan tersisa satu anak balitanya yang usulkan untuk dapat KIS,” katanya.

Sementara itu, camat Bontonompo, Wahyuddin MP yang sempat mengunjungi kediaman Daeng Nappa. Mengaku dalam waktu dekat akan mengupayakan mencari lahan untuk Deng Nappa membangun hunian.

“Kami sudah mencoba komunikasikan ke pemilik lahan, tapi pemilik lahan hanya mau lahannya dipinjam pakai, dan suatu waktu akan ia ambil kembali,” katanya.

“Sementara ini, kita masih mencarikan solusinya, minimal kita carikan dulu lahan yang bisa keluarga ini tempati sementara untuk dibangunkan rumah layak huni,” terang Wahyuddin.

Sebelumnya, Deng Nappa bersama istri dan lima anaknya menjadi sorotan karena kondisi mereka yang memprihatinkan. Pasalnya, selama 10 tahun, mereka harus tinggal di sebuah gubuk berukuran 3x 2 meter dengan dinding dari plastik.

Disaat musim hujan datang, Daeng Nappa sekeluarga harus tidur dalam kondisi basah. Sebab, atap gubuk yang ditinggalinya bocor – bocor, ditambah halaman gubuk tersebut tampak becek, dan lahan berdirinya gubuk tersebut dipinjam dari Ipar.

Berprofesi sebagai ojek pangkalan dengan pendapatan pas – pasan, jangankan merenovasi gubuknya, untuk makan pun sulit. Apalagi, motor yang digunakan Deng Nappa untuk mencari rezeki di jalan dipinjam dari keluarganya.

Menurut informasi yang dihimpun, baru baru ini Deng Nappa mendapat bantuan 10 juta untuk membeli motor.

Leave a Reply