Pilwali Makassar: PAN Pilih None, NasDem Usung Danny

32
Bagikan via

Oleh: Akbar

Makassar – Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (DPP PAN) telah mengeluarkan Surat Rekomendasi untuk Pilwali Makassar. Melalui surat keputusan DPP PAN bernomor 12/PILKADA/I/2020 menyetujui mengusung adik menteri pertanian Irman Yasin Limpo (None).

Dari informasi dihimpun, SK yang dikeluarkan Tim Pilkada DPP PAN untuk None . Setelah melalui tahapan verifikasi, validasi dan akurasi serta mengacu pada hasil lembaga survei independen untuk Pilkada 2020. SK tersebut ditandangani Viva Yoga Mauladi dan Yandri Susanto selaku tim Pilkada DPP PAN.

Ketua Bappilu DPW PAN Sulsel, Andi Irwandi Natsir membenarkan rekomendasi kepada mantan kepala Dinas Pendidikan Sulsel tersebut. Kata Irwandi, untuk mencukupkan jumlah kursi di Pilwali Makassar pihaknya memberikan kebebasan kepada None untuk membangun koalisi dengan partai lain.

“Yah benar, di Pilwali Makassar, PAN mengusung None. Terkait untuk kosong dua (pendamping None), kita beri kebebasan kepada None untuk menentukan wakilnya. Karena PAN tidak bisa mengusung sendiri, tentu mencari partai lain. Jadi kami memberi kesempatan seluas luasnya untuk None membangun koalisi dengan partai lain,” beber legislator DPRD Sulsel ini, Kamis (20/2/2020).

Selain PAN, partai NasDem juga telah mengeluarkan rekomendasi kepada mantan wali kota Makassar Mohammad Ramdhan “Danny” Pomanto di Pilwali 2020. Dengan surat rekomendasi bernomor 010 – S1/RP/DPP-NasDem/II/2020.

Di mana SK tersebut ditandatangani wakil ketua umum partai NasDem Ahmad HM Ali dan ketua koordinator pemenangan pemilu Prananda Surya Paloh. Bahkan, ketua DPW NasDem Sulsel Rusdi Masse mengunggah foto surat rekomendasi tersebut di akun Instagram miliknya @rusdimasse.

Sekertaris DPW PAN Sulsel, Syaharuddin Alrif membenarkan SK tersebut. ” Benar, NasDem mendukung pak Danny. Selanjutnya (Danny) diharuskan memenuhi point-point yang ada disurat rekomendasi tersebut, salah satunya membangun koalisi dengan parpol untuk mencukupkan jumlah sebagai syarat maju di pilwali makassar,” kata wakil ketua DPRD Sulsel ini.

Diketahui, PAN memiliki lima kursi di DPRD Makassar dan membutuhkan tambahan lima kursi untuk mencukupkan mengusung pasangan calon. Sementara NasDem memiliki enam kursi DPRD sisa membutuhkan bantuan empat kursi.

Untuk maju di pemilihan wali kota Makassar, pasangan calon harus memiliki minimal 10 kursi.

Leave a Reply