Naisyah Minta Program Kesehatan Diawali dari Lorong

9
Bagikan via

Makassar, Timurindonesia.com – Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Kesehatan menggelar Pertemuan Lorong Sehat (Longset) di Hotel Lynt, Jumat (6/9/2019).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin berharap program inovatif dari Pemerintah Kota Makassar di sektor kesehatan, yakni Lorong Sehat.

Pasalnya, melalui program yang populer dengan sebutan Longset berperan besar dalam menanamkan perilaku hidup bersih dan sehat kepada warga.

“Masalah kesehatan sedikit banyaknya disebabkan oleh kebiasaan, kebiasaan ini dibentuk dari perilaku. Inilah yang kita terus gencarkan ke masyarakat mengenai perilaku hidup bersih dan sehat melalui Longset, jadi harus tetap dijaga,” kata Naisyah Tun Azikin saat membuka Sosialisasi Longset.

Penyakit yang mematikan di Indonesia saat ini, kata Naisyah, adalah penyakit tidak menular. Seperti paru-paru, jantung dan stroke. Penyebabnya adalah kebiasaan yang tidak sehat.

Untuk itu kata dia, masyarakat yang ada di lorong-lorong, pada lingkungan paling kecil yakni rumah tangga harus saling mengingatkan.

“Ibu-ibu harus gencar mengingatkan para suami atau anak agar tidak merokok di dalam rumah, bisa merokok diluar dan jangan sampai asapnya masuk dalam rumah, karena jika masuk kandungan kimia akan menempel pada dinding yang dapat mengganggu kesehatan,” jelasnya.

Ia menjelaskan, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) harus dimulai dari lorong. Masyarakat yang ada di lorong-lorong harus berperan aktif dalam menciptakan prilaku yang baik dan sehat, sehingga tercipta Indonesia sehat. Pangkasnya

Leave a Reply