Naik Rp500 Juta, Anggaran Home Care 2019 Capai Rp3,5 Miliar

8
Bagikan via

TimurIndonesia.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar terus berupaya memperbaiki kualitas pelayanan melalui program prioritas. Salah satunya home care. Tahun ini, anggaran untuk pelayanan kesehatan ke rumah-rumah warga bahkan meningkat Rp500 juta.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisya T Azikin, mengatakan pihaknya menggaransi pelayanan home care sebagai pelayanan kesehatan untuk penduduk prasejahtera. Bahkan, Dinkes menjadikan warga miskin sebagai prioritas dari program tersebut.

Tercatat, pada 2018 lalu jumlah anggaran yang dipakai untuk home care ini berkisar Rp3 miliar. Namun, tahun 2019 ini dinaikkan menjadi Rp3,5 miliar. Tujuannya, pelayanan untuk warga Makassar. “Bertambah anggaranya agar pelayanan juga bisa maksimal,” jelasnya.

Kata Naisya, pelayanan kesehatan di rumah atau home care merupakan program pemkot untuk memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat, khususnya yang tidak mampu.

Layanan home care, kata Naisyah, menyediakan 48 mobil dottorota atau mobil perawatan yang masing-masing dilengkapi dokter dan perawat dengan peralatan canggih bertaraf internasional EKG dan USG untuk melayani pasien di rumah.

“Jika ada warga yang sakit dan tidak bisa ke puskesmas atau ke rumah sakit, maka home care bisa langsung datangi pasien di rumahnya. Dalam mobil dottorota ini sudah lengkap semua peralatannya juga ada dokternya,” ungkapnya.

Bagi masyarakat yang hendak menggunakan home care bisa menghubungi nomor darurat 112. Jika ada panggilan, segera pihaknya akan mengirimkan tim yang terdiri dari dokter, perawat, dan sopir ke rumah pasien. “Semuanya tersedia secara gratis bagi masyarakat,” tegasnya.

Anggota Komisi D DPRD Makassar, Hamzah Hamid, mengapresiasi program home care yang merupakan program andalan dari Dinkes Kota Makassar itu.

Dia menilai perlu ada perhatian serius dari pemerintah agar masyarakat bisa terlayani dengan baik. “Program ini bagus dan terus kita dukung agar bisa meningkatkan kesehatan masyarakat terutama yang butuh perawatan secara cepat,” paparnya.

Leave a Reply