Dinkes Makassar Sosialisasi Program Integrasi JKN

12
Bagikan via

Makassar, Timurindonesia.com – Dinas Kesehatan Kota Makassar mengelar sosialisasi program integrasi jaminan kesehatan nasional JKN tingkat Kecamatan Kota Makassar 2019.

Kegiatan ini diharapkan membantu Pemerintah Kota dalam mensosialisasikan dan memberikan pemahaman kepada warga tentang manfaat dan kegunaan JKN KIS terutama atas kepesertaan dari program JKN.

Keterlibatan semua pihak tentu sangat diharapkan untuk dapat membantu Pemerintah Kota dalam mensosialisasikan dan memberikan pemahaman kepada warga tentang manfaat dan kegunaan JKN KIS.

“Terutama atas kepesertaan dari program JKN ini kegiatan sosialisasi tahun 2019 ini akan dilaksanakan di 14 kecamatan yang ada di kota Makassar,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin, di Hotel Grand Imawan, Rabu 28 Agustus 2019.

Naisyah menjelaskan kesehatan nasional merupakan bagian dari sistem jaminan sosial nasional SJSN yang diselenggarakan dengan menggunakan mekanisme asuransi kesehatan sosial yang bersifat wajib berdasarkan undang-undang nomor 40 tahun 2004 tentang SJSM.

Tujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar kesehatan masyarakat yang layak yang diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran atau iuran yang dibayar oleh pemerintah.

Program JKN-KIS merupakan salah satu program prioritas pemerintah yang tercantum dengan nawacita kelima yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia penyelenggaraan program jaminan kesehatan nasional JKN di Indonesia telah berjalan lebih dari 5 tahun.

Program ini bertujuan untuk memberikan akses pelayanan kesehatan yang bermutu tanpa hambatan finansial kepada masyarakat Indonesia.

Pemerintah terus mengoptimalkan pelayanan dan koordinasi lintas pemangku kepentingan khususnya untuk menjamin keberlangsungan program JKN-KIS salah satunya melalui Instruksi Presiden Nomor 8 Tahun 2007 tentang optimalisasi program JKN.

“Mulai per 1 Januari 2014 jaminan kesehatan yang telah dilaksanakan pemerintah diintegrasikan ke dalam jaminan kesehatan nasional JKN. Dalam upaya menuju cakupan kesehatan semesta Universitas Health Coverage Tahun 2019,” jelasnya.

Salah satu upaya Pemerintah daerah dalam memperluas cakupan kepesertaan adalah dengan mengintegrasikan program jaminan kesehatan daerah Jamkesda ke program JKN KIS integrasi Jamkesda ke JKN KIS adalah wujud aktualisasi komitmen Pemerintah untuk terus-menerus memberikan akses pelayanan kesehatan yang semakin meningkat adil dan merata kepada masyarakat.

“Integritas Jamkesda merupakan sinergitas penyelenggaraan jaminan kesehatan bagi penduduk yang didaftarkan oleh Pemerintah daerah dengan skema JKN KIS yang dikelola oleh BPJS Kesehatan yang untuk tahun 2019 di Kota Makassar mendapat terdapat 175.750 jiwa,” terangnya.

Leave a Reply