Kementerian Kesehatan Tunjuk Makassar Terapkan Sistem Pencatatan Online

13
Bagikan via

Makassar, TimurIndonesia.com – Asisten II Bidang Perekonomian Pembangunan Sosial Kota Makassar Sittiara mengatakan pencatatan sipil merupakan bagian penting dari pemerintahan.

Pasalnya, sistem dan layanan pencatatan sipil memberikan identitas hukum bagi warga sekaligus menjadi sumber data utama pelbagai peristiwa penting kehidupan di suatu daerah.

“Makassar kembali ditunjuk dalam inovasi Kementerian Kesehatan bersama dua kabupaten lainya di Indonesia. Makassar, Padang Panjang dan Kudus ditunjuk untuk menjalankan sistem pencatatan online dan koneksi sistem informasi kependudukan sera online,” kata dia di Hotel Aston, Jalan Sultan Hasanuddin, Makassar, Kamis, 1 Agustus 2019.

Hal itu ia sampaikan saat Workshop Sosialisasi dan Rapid Assesment penguatan sistem pencacatan kelahiran kematian dan penyebab kematian sebagai bagian dari pencatatan sipil dan statistik hayati (PS2H) di Makassar.

“Inikan bagus sekali, ini kita gampang di adopsi karena sudah ada aplikasi kucataki, tinggal dimasukkan mengenai penyebab kematian, jumlah kematian apa saja,” terangnya.

Kadis Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan, saat ini, pihaknya siap menjalankan sistem pelaporan online. Penerapan ini sementara berjalan dan dalam tahap uji coba.

“Uji coba sistem pencatatan online conneksi dan sistem informasi kependudukan online. Akta kelahiran, pencacatan dan penyebab kematian dan sudah ada inovasi yang berjalan,” kata Naisyah.

Sistem online, kata dia, akan diterapkan mulai dari tingkat Puskesmas hingga Rumah Sakit demi memudahkan pelaporan dan penerapan program yang diinginkan Pemerintah Pusat.

Leave a Reply