Kota Makassar Raih Penghargaan IVA Test di Padang

8
Bagikan via

Makassar, Timurindonesia.com – Kota Makassar Kecamatan Manggala berhasil menyabet Pakarti Madya III Tingkat Kota sebagai pelaksana terbaik Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test di Kota Padang.

Ketua TP PKK Kota Makassar, Murni Djamaluddin Iqbal, menerima penghargaan tersebut dalam rangka peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke – 47 tahun 2019.

“Ini menjadi motivasi bagi TP PKK Kota Makassar untuk semakin giat dalam upaya peningkatan kualitas kesehatan bagi ibu dan anak,” ujar Murni Iqbal, (24/7).

IVA test merupakan sebuah metode untuk mengidentifikasi lesi pra-kanker, dengan mengusapkan pada leher rahim asam asetat 3-5% dengan aplikator kapas lesi pra-kanker.

“Hasilnya dapat diamati dengan mata telanjang selama 20-30 detik,” ujar Murni.

Pemerikasaan IVA adalah pemeriksaan dengan cara melihat langsung leher rahim setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat 3-5%. Bila setelah pulasan asam asetat 3-5% ada perubahan warna yaitu tampak bercak putih, maka kemungkinan ada kelainan tahap pra-kanker serviks.

“Memberikan pemahaman kepada ibu-ibu akan pentingnya pemeriksaan ini, dapat menyelamatkan ibu-ibu lebih awal dari kanker. Dan hal ini perlu terus ditingkatkan,” lanjut Murni Iqbal

Leave a Reply