Diskominfo Makassar Harap ASN Gunakan Email Sanapati

10
Bagikan via

Oleh: Indrawati

Makassar, Timurindonesia.com – Untuk meminimalisir penyadapan dan interupsi, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar berharap agar seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) menggunakan email Sanapati.

Email Sanapati merupakan salah satu cara penerapan pengamanan informasi yang telah dikembangkan oleh Badan Siber dan Sandi Negara (Lembaga Sandi Negara). Email ini rencananya akan dimanfaatkan sebagai Jaringan Komunikasi Sandi (JKS) di Pemerintahan Kota Makassar.

Kepala Bidang Persandian Diskominfo Kota Makassar, Ridwan mengatakan, selama ini OPD lingkup Pemkot Makassar menggunakan jasa kurir atau email umum untuk melakukan pengiriman surat sementara. Cara tersebut dianggap tidak bisa dijamin keamanannya.

Maka dari itu, pemanfaatan email Sanapati dianggap tepat untuk melakukan pengiriman surat baik dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah maupun ke departemen-departemen lain di daerah.

“Dan itu kami sudah menikmati manfaatnya bahwa email yang kami gunakan itu tidak bakalan terbuka oleh pihak-pihak yang tidak berhak,” kata Ridwan di Hotel Golden Thulip, Makassar, Rabu, (17/7)

Email Sanapati ini adalah email khusus dengan user tertentu dengan enkripsi yang lebih kompleks sehingga mempunyai tingkat keamanan yang tinggi dan memiliki beberapa kelebihan, yakni proteksi terhadap fake email, spam email, phising link, dan email bombing

Leave a Reply