Inovasi Lorong Sehat Giring Makassar ikuti UNPSF ke Georgia

27
Bagikan via

Makassar, Timurindonesia.com — Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb dipastikan akan berada di Azerbaijan dan Georgia pada 24-28 Juni. Tujuan perjalanan tersebut untuk menghadisi undangan United Nations Public Service Forum (UNPSF).

UNPSF merupakan forum pertemuan di antara Negara-negara anggota PBB untk memperoleh pengetahuan mengenai kebijakan, praktik, dan inovasi pelayanan publik yang paling mutakhir.

“Pj Wali Kota Makassar masuk dalam delegasi Indonesia untuk memenuhi undangan dari UNPSF yang tidak lepas dari inovasi berupa Lorong Sehat yang lebih dikenal atau disingkat Longset,” ungkap Kepala Bagian Perekonomian dan Kerjasama Kota Makassar, Najiran Syamsuddin, Senin (24/6/2019).

Inovasi ini, kata Najiran terpilih setelah melalui seleksi Kemen PAN RB yang masuk dalam TOP 40 pada tahun 2017 lalu.

Longset merupakan lorong binaan Dinas Kesehatan Kota Makassar yang secara teknis dikerjakan oleh Puskesmas bersama masyarakat.

Lorong tersebut mempunyai pendataan kesehatan (PHBS, Keluarga Sehat, Stiker Baduta (jika ada balita di bawah 2 th), Stiker P4K (jika ada yang hamil), kartu rumah sehat, stiker bebas jentik), lingkungan yang bersih, hijau serta perubahan perilaku kesehatan pada setiap anggota keluarga.

“Ini sebagai bentuk partisipasi peningkatan pelayanan publik terutama kompetisi yang dilaksanakan oleh kemenPANRB sebagai pembina Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP),” ujarnya.

Kabag Humas Pemkot Makassar, Muhammad Roem menambahkan, sejumlah kepala daerah di Sulsel turut serta ikut dalam lawatan ke Azerbaijan dan Georgia.

“Dari Sulawesi Selatan Kepala daerah yang berangkat, Walikota Makassar, Bupati Luwu Utara, dan Wakil Bupati Pangkep,” tuturnya.

Negara yang hadir pada gelaran tersebut merupakan negara yang ikut dalam kompetisi inovasi United Nations Public service Award (UNPSA).

Leave a Reply