Kominfo Sulsel Ingin Jadikan KIM Kanal Informasi

29
Bagikan via

Makassar, Timurindonesia.com – Dinas Komunikasi Informatika statistik dan Persandian (DKISP) Sulsel, terus meningkatkan peran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Dengan adanya KIM tersebut, pengelolaan informasi dari pemerintah ke masyarakat kian maksimal, khususnya di era digital sekarang ini.

Kepala Dinas Kominfo-SP Sulsel Andi Hasdullah mengatakan, peran KIM di era digital perlu ditingkatkan karena merupakan sarana komunikasi antara pemerintah dan seluruh elemen masyarakat.

Untuk itu pengelola sumber daya manusia (SDM) KIM harus ditingkatkan kompetensinya. Ini bertujuan agar informasi tentang program-program pemerintah disampaikan dengan baik, proporsional dan tepat sasaran melalui KIM.

Kedepan, KIM akan menjadi kanal informasi di tingkat kecamatan, lurah dan desa untuk merespon setiap perubahan bentuk media yang berbasis teknologi informasi.

“Semoga berdaya guna dengan baik sehingga informasi tentang program-program dapat diakses seluruh lapisan masyarakat,” harap Hasdullah di Makassar, Sabtu (29/6).

Untuk mencapai tujuan tersebut, pihaknya pun telah melaksanakan pelatihan pengembangan pemberdayaan SDM untuk pengelonaan KIM tersebut.

“Dengan adanya pelatihan tersebut, KIM bisa menjadi kanal informasi bagi penyampaian informasi program-program pemerintah yang langsung ke masyarakat, menjadi penyalur aspirasi masyarakat untuk merespon program-program pemerintah,” ujarnya.

Ia menambahkan, pelatihan tersebut juga untuk memberi pemahaman tentang peran penting KIM dan peran strategis KIM bagi pemerintah dan masyarakat.

“Kita ingin progrma pemerintah bisa melibatkan semua lapisan masyarakat,” ungkapnya.

Pada pelatihan tersebut, diikuti oleh ASN dari Dinas Kominfo-SP Kabupaten Kota dan Pengelola KIM. Serta narasumber yang dihadirkan alam pelatihan yakni Pemerhati KIM Manik Sunuantari, Bahar Merdu, Ketua KIP Pahir Halim dan Pakar IT Aprisal.

Leave a Reply