Lawan Hoax, Diskominfo Makassar Ajak Pengguna Medsos Lakukan Filateli

5
Bagikan via

Makassar, Timurindonesia.com – Era kecepatan informasi justru tidak memberi ruang yang cukup untuk berefleksi dan memilah informasi yang benar.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi Penyiaran dan Kemitraan Media Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar Muh Hamzah. Menurutnya kondisi tersebut justru membuat hoax
menjadi semakin sulit untuk dibendung.

“Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan adalah dengan kegiatan filateli yakni mengumpulkan prangko. Kegiatan yang sangat positif dalam melawan hoax,” katanya di Makassar, (1/5/2019).

Menurut Hamsah prangko punya nilai sejarah sekaligus sebagai wadah bagi anak untuk mengoleksi perangko.

“Bandingkan dengan perang mulut di sosial media, dan bahkan di dukung dengan informasi yang beredar tidak jelas sumbernya,” tambahnya.

Kepala PT Pos Indonesia Regional 10 Sulawesi Maluku Ronald Siahaan mengatakan, filateli adalah suatu hobi yang universal sifatnya, pengaruhnya amat positif bagi pembentukan watak dan pribadi seseorang, terutama bagi para remaja yang perbendarahaan rohaninya tengah mengalamai proses pengisian.

“Kegemaran mengikuti mading filateli dan mewarnai gambar prangko serta mengumpulkan prangko dan benda-benda pos lainnya menanamkan sifat tekun, rapih, cermat dan sabar pada diri seseorang,” ucapnya.

Kegemaran ini memperkaya pengetahuan remaja dengan mengenal aneka ragam keindahan alam, fauna, Iora, kebudayaan, sejarah, perkembangan teknologi dan sebagainya.

Filateli adalah aktivitas atau hobi mengumpulkan prangko dan benda-benda pos lainnya.

Leave a Reply