Kominfo SP Sulsel Maksimalkan Peran PPID Daerah

33
Bagikan via

Makassar, Timurindonesia.com – Untuk memaksimalkan peran Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfo SP) Sulsel melalui bidang Informatika melakukan monitoring dan evaluasi.

Monitoring dan evaluasi merupakan salah satu langkah untuk memaksimalkan peran PPID di daerah. Selain itu, juga untuk melihat seberapa besar peran yang sudah dilakukan PPID dalam mengelola informasi.

Kepala Bidang Informatika Kominfo Sulsel, Badaruddin mengatakan, tim dari Kominfo SP Sulsel dibagi dua. Ada yang melakukan monitoring dan evaluasu di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara. Khusus di Kabupaten Toraja Utara, dipimpin langsung Badaruddin.

“Kehadiran mereka di kabupaten tersebut untuk melihat sejauh mana pelaksanaan pengelolaan pelayanan informasi dan dokumentasi di daerah tersebut,” katanya di Makassar, Rabu (24/4).

Menurutnya, sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 3 Tahun 2017 Pasal 27, bahwa gubernur selaku wakil pemerintah pusat, melakukan pembinaan dan pengendalian penataan pengelolaan layanan informasi dan dokumentasi.

“Oleh karena itu, Dinas Kominfo Provinsi Sulsel selaku PPID utama melakukan monitoring dan evaluasi ini,” ungkap mantan Kabag Humas Pemprov Sulsel itu.

Terkait kunjungan tersebut, Kepala Dinas Kominfo Fitrah yang juga selaku PPID Utama di Toraja Utara mengapresiasi kehadiran Kominfo SP Sulsel. Kunjungan itu menjadi momen penting bagi Kominfo Toraja Utara untuk sharing dan melakukan konsultasi seputar tugas-tugas dan kewenangan PPID.

“Momen ini untuk menerima masukan dan saran untuk meningkatkan kapasitas PPID kami,” jelasnya.

Leave a Reply