Depot Air Minum Berkualitas Wajib Lulus Syarat dari Dinkes Makassar

31
Bagikan via

Oleh: Indrawati

Timurindonesia.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar menegaskan, depot isi ulang air minum yang berkualitas adalah depot yang telah terdaftar dalam Dinkes.

Staff Seksi Kesehatan Lingkungan, Kerja dan Olahraga Dinkes, Abidin menjelaskan, keunggulan jika Depot tersebut memperoleh izin dari Dinkes ialah jika ada masalah dari kualitas, maka pihaknya akan membantu mereka.

“Misalnya kalau dia ada masalah dari segi kualitas, kita bisa bantu mereka. Seperti kalau ada yang komplen dari masyarakat, kita bisa bantu berdasarkan hasil laboratorium yang kita punya,” katanya.

Selain itu, Abidin menuturkan akan ada konsekuensi jika tidak memiliki perizinan dari Dinkes. Menurutnya, persoalan itu ada pada seksi penertiban dari kelurahan.

“ Itu bukan domain kita lagi, kalau dari kesehatan itu kualitas saja. Tapi kalau untuk hukumnya dia memiliki atau tidak izin itu bukan domainnya kesehatan,” ujarnya.

Depot air minum merupakan usaha industri pengisian ulang air minum. Usaha ini menggunakan prinsip penyaringan yang kemudian dijual kepada komsumen.

“Seharusnya Depot telah melalui diuji kelayakannya lewat laboraturium dan lulus syarat,” terangnya.

Leave a Reply