Kominfo Sediakan 468 Unit CCTV se-Kota Makassar

14
Bagikan via

Oleh: Indrawati

Makassar, Timurindonesia.com – Plt Kepala Dinas Kominfo Kota Makassar, Ichwan Jacub mengemukakan, saat ini telah disediakan 468 CCTV yang dipasang di sudut-sudut Kota Makassar selama 24 jam.

CCTV tersebut terhubung langsung ke War Room yang menjadi Pusat Data dan Pemantauan ratusan CCTV.

Ichwan menuturkan, harga per unit CCTV produksi Amerika itu mencapai Rp 30 juta.

“Fitur penyajian kualitas gambarnya tajam dan daya jangkaunya relatif panjang hingga 3 kilometer yang fungsinya untuk mengontrol keamanan kota sekaligus pelayanan publik dan program strategis Pemkot Makassar,” papar Ichwan di Makassar, (3/4).

Dia menjelaskan, selama ini War Room menjadi pusat data terintegrasi dengan aplikasi yang digunakan SKPD. Ruang data ini juga menjadi pusat layanan masyarakat terkait beragam masalah pelayanan publik sebagai peralihan dari call center 112 yang telah dioperasikan sejak 2016 lalu.

“War Room juga jadi pusat layanan pemantauan CCTV Kota Makassar. Kami bekerja sam dengan pihak kepolisian terkait electronic Traffic Low Enforcement (e-LTE) atau tilang elektronik dan bekerjasama dalam sistem keamanan masyarakat, selain itu juga bisa dipakai kejaksaan untuk memantau kegiatan terkait proyek lelang,” ujar Ichwan.

Sementara, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto menuturkan, selain menjadi pusat data dan pemantauan ratusan CCTV, War Room Pemkot Makassar juga menjadi sistem keamanan kota berbasis digital yang terkoneksi dengan kepolisian.

“Bukan hanya itu, War Room juga terkoneksi dengan intansi lainnya seperti kejaksaan untuk memantau proyek-proyek lelang dan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pemerintah Kota Makassar,” kata Danny.

Leave a Reply