Naisyah: Program Longset tidak Boleh Mati Suri!

47
Bagikan via
Pertwmuan lorong sehat yang dihadiri kader dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin di Hotel Four Point Makassar, Sabtu (30/03/2019). Dok.Humas

MAKASSAR — Program Lorong Sehat (Longset) sebagai salah satu program unggulan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar diharapkan selalu berkelanjutan dan berkesinambungan.

“Program lorong sehat ini jangan sampai mati suri, kita mau longset tetap berjalan dalam memberikan manfaat preventif kepada masyarakat dimulai dari lorong-lorong,” ungkap Kepala Dinkes Makassar, Naisyah Tun Azikin kepada Timurindonesia.com.

Menurut Naisyah sapaannya, Program Longset harus dijaga keberlangsungannya sebab dianggap memberikan lingkungan yang bersih bagi masyarakat. “Tentunya ini bisa meminimalisir penyakit yang diakibatkan oleh lingkungan sekitar,” katanya.

Olehnya, Dinkes Makassar terus mempertajam edukasi ke masyarakat melalui kader-kader yang tersebar di 15 kecamatan se Kota Makassar. Pasalnya, kader dinilai sebagai ujung tombak dalam keberlangsungan efektifitas longset di lorong-lorong.

Seperti yang digelar Sabtu ini (30/03/2019) yakni pertemuan lorong sehat dengan tema “Kelurahan Siaga Aktif” di Four Point Hotel, dihadiri sekitar seratusan kader dari beberapa kecamatan.

Tampak antusias para kader mendengarkan motivasi yang diberikan langsung Kadis Kesehatan Makassar.

Naisyah mengakui kehadiran kader sangat penting dan menentukan segala program untuk terimplementasi ke masyarakat, lebih mendekatkan pelayanan serta menyampaikan berbagai promosi kesehatan dalam upaya pencegahan penyakit, seperti aktifnya posyandu sekali sebulan.

Kegiatan serupa akan dilaksanakan bertahap agar mampu mengcover seribuan kader di Kota Makassar. Selain itu, sebagai penguatan yang tidak kalah pentingnya ialah keterlibatan para pemerintah setempat seperti RT/RW dalam memobilisasi warganya untuk berperan aktif meningkatkan kualitas kesehatan melalui program longset.

Leave a Reply