Gelar Forum Jurnalistik, Diskominfo Makassar Harap Humas Perkaya Literasi

12
Bagikan via

Oleh: Indrawati

Makassar, Timurindonesia.com – Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Makassar menggelar Forum Jurnalistik dan Organisasi perangkat Daerah di Hotel Aston Makassar, Selasa (19/3).

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Makassar, Ade Ismar Gober berharap, selain memiliki kemampuan berinteraksi dengan wartawan, tenaga Hubungan Masyarakat (Humas) yang ada di setiap OPD harus mampu memperkaya literasi, mengolah dan memproduksi informasi.

“Kemampuan tersebut harus bisa diaplikasikan dalam kanal media mainstream maupun di kanal media sosial,” katanya.

Selain itu, ia juga menyampaikan agar seluruh praktisi humas yang ada di setiap instansi Pemkot Makassar bisa saling bersinergi dan berkordinasi dalam pengembangan kompetensi kehumasan.

Sementara, Asisten Pemerintahan Kota Makassar, Andi Aziz Hasan mengemukakan, saat ini sudah masuk Revolusi Industri 4.0, dimana teknologi memiliki peran yang begitu besar dalam keseharian masyarakat. Ini membuat dunia kehumasan juga ikut berubah sangat cepat.

Namun, kata Andi Azis, dari semua perubahan itu, narasi kehumasan harus narasi positif yang membangun serta menjunjung tinggi keadaban, kearifan, kreativitas, dan tanggung jawab sosial dalam mendekatkan pemerintah dan masyarakat.

“Selain bertanggung jawab membangun reputasi organisasi, Humas juga memiliki tugas yang tidak kalah pentingnya, yakni memerangi hoaks, fitnah, termasuk ujaran kebencian,” tuturnya.

Diskusi sehari ini mengambil tema “Tranformasi Government Public Relation yang Smart dan Professional”, diikuti oleh seluruh praktisi humas lingkup OPD Kota Makassar, praktisi radio se-Kota Makassar, serta mahasiswa dan pelajar.

Seminar tersebut menghadirkan dua pemerhati media, Upi Asmaradhana serta Arqam Azikin, selaku akademi dan pengamat komunikasi.

Leave a Reply