Dinkes Makassar Segera Buka Rekrutmen Dokter Kontrak

7
Bagikan via

Makassar, Timurindonesia.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar akan segera membuka rekrutmen dokter kontrak untuk di puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Aziki menjelaskan, setiap puskesmas harus memiliki minimal dua orang dokter umum dengan pembayaran kapitasi maksimal Rp 6 ribu.

Jika satu dokter tidak ada, maka kapitasi akan dipotong. Dengan demikian, puluhan juta rupiah bisa hilang per bulannya.

“Untuk menghindari adanya pemotongan jasa kapitasi dari BPJS, Pak Wali perintahkan rekrut dokter kontrak. Sudah ada BKD yang mendengarkan agar semua dokter yang ada di puskesmas itu memenuhi standar kebutuhan dokternya,” kata Naisyah di Makassar, (16/3/2019).

Perekrutan tersebut dilakukan sebab jumlah tenaga medis, khususnya dokter, di lingkup Pemkot Makassar dinilai masih kurang. Sehingga tidak efektif dalam memberikan layanan kesehatan yang merata kepada masyarakat.

“Masalah kekurangan dokter, kita akan membuka rekrutmen dokter-dokter kontrak. Untuk mengisi, karena standar dokter umum yang ada di puskesmas menjadi tanda pembayaran kapitasi BPJS,” ujarnya.

Naisyah menuturkan, beberapa waktu lalu, Pemkot Makassar juga telah membuka perekrutan CPNS. Namun hal ini dinilai masih kurang sebab kuota untuk tenaga dokter hanya dua orang sebagaimana yang telah ditentukan oleh Menpan RB.

“Ini semua mengganggu pelayanan. Kami akan hitung kebutuhan dokter umum yang akan direkrut,” tuturnya.

Leave a Reply