Bagian Tata Pemerintahan Makassar Perjelas Batas Kelurahan

49
Bagikan via

MAKASSAR — Bagian Tata Laksana Pemerintahan Sekretariat Kota Makassar memperjelas wilayah perbatasan setiap kelurahan di Kota Makassar.

Langkah ini dilakukan melalui pembinaan administrasi wilayah yang melibatkan aparat kecamatan, kelurahan, ketua RT/RW dan tokoh masyarakat se kecamatan Makassar.

“Kegiatan ini berangsur-angsur kita laksanakan di setiap kecamatan. Dilaksanakan untuk mengetahui lebih jelas serta melihat lebih jauh kondisi batas antar wilayah kelurahan dengan kelurahan lainnya,” ucap Kasubag Otonomi Daerah Pemkot Makassar, Muhammad Agus Genda.

Selain itu, kata Agus, kegiatan ini diharapkan mampu menciptakan roda pemerintahan yang baik dimulai dari tingkat kelurahan hingga kecamatan melalui tertib administrasi.

Upaya ini pun menuai apresiasi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, Muhammad Ansar. Sebab tahun ke tahun, Ortala melakukan perbaikan untuk memastikan tata batas wilayah kelurahan dan kecamatan.

“Dengan adanya kepastian batas wilayah masing-masing akan meminimalisir terjadinya kesalahan pemberian pelayanan administrasi kepada masyarakat seperti pelayanan pertanahan, kependudukan, perencanaan dan pengembangan serta pengelolaan pembangunan,” jelasnya.

Sekda berharap agar penegasan tapal batas dari 153 kelurahan dan 15 kecamatan dapat rampung seluruhnya sehingga dapat segera dilakukan pemasangan pilar batas serta dibuatkan pemetaan.

Setelah rampung, hasilnya selanjutnya akan dilaporkan kepada Direktorat Jendral Bina Administrasi Kewilayahan Kementrian Dalam Negeri dan Badan Informasi Geospasial.

Leave a Reply