Sukses Kelola Usaha Kecil. Ini Tips!

54
Bagikan via

Oleh: Indrawati

Dalam menjalankan bisnis, mencatat keuangan usaha sangatlah diperlukan untuk mengukur kinerja dan target yang telah tercapai dan ingin dicapai. Banyak kasus dimana usaha kecil bangkrut, padahal sebenarnya berpotensi menjadi besar, hanya karena terlibat masalah pencatatan keuangan usaha.

Yang perlu diketahui bahwa manajemen keuangan tidak hanya sekadar bagaimana mengelola uang kas. Tapi lebih dari pada itu, manajemen keuangan adalah bagaimana mengelola kekayaan untuk menghasilkan keuntungan dan memanfaatkan sumber-sumber modal untuk membiayai usaha.

Meski sederhana, para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sangat perlu dan dianjurkan untuk menerapkan prinsip-prinsip manajemen keuangan. Karena salah satu kelemahan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ialah masalah manajemen keuangan.

Dalam hal ini, mengembangkan rencana keuangan mulai dari hari pertama menjalankan usaha akan sangat membantu pengusaha dalam menjaga keuangan usaha dengan benar. Selain itu, pastikan bahwa uang usaha dipergunakan untuk hal-hal penting terkait bisnis demi peningkatan keuntungan terbaik atas investasi. Sebab jika rencana keuangan jelas, juga akan membantu agar terhindar dari risiko kerugian.

Trik Kelola Bisnis

1. Buat Keuangan Terpisah

Kerap kali pelaku usaha kecil tidak memisahkan keuangan pribadinya dengan keuangan usaha. Ini wajib menjadi perhatian khusus, karena ketika anda membeli kebutuhan pribadi dengan uang usaha, tanpa sadar uang usaha akan tergerus dan habis.

2. Gunakan Pihak Lain

Jika tidak yakin mampu mengelola keuangan dengan baik, libatkan pihak lain tapi tetap dalam kontrol pemilik usaha. Keberadaan pihak ini akan menjadi opsi pengawasan buat anda.

3. Jangan Abaikan Semua Pengeluaran

Jangan sampai menyepelekan biaya operasional. Meski itu hanya sekadar membeli sajian untuk tamu, atau sekadar membeli sebuah pulpen. Jika barang tersebut dibeli dengan uang usaha dan untuk kepentingan usaha, jangan lupa catat. Dari sini anda bisa melihat adakah biaya yang berlebihan atau justru berkurang.

4. Jangan Abaikan Pemasukan

Bisnis kecil, hidup dan berkembang dari pemasukan. Jika terus menjual tapi lupa menagih, tentu pemasukan akan hancur. Jadi, jangan abaikan hal ini karena hidup dan mati bisnis kecil berasal seberapa besar pemasukan.

*Berbagai Sumber

Leave a Reply