Sedang Digodok, Segera Bisa Buat Pasport di Dinas PTSP Makassar

71
Bagikan via
Coffe Morning Humas Makassar bersama Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PTSP, Firman Hamid Pagarra, di Iconic Cafe jalan Amanagappa No 5, Rabu (27/2/2019).

Oleh: Nur Suhra Wardyah

MAKASSAR – Pelayanan prima Pemerintah Kota Makassar kepada masyarakatnya kian signifikan. Hal ini ditunjukkan Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Makassar yang semakin memudahkan warga memenuhi kebutuhannya.

Pasalnya, selain pelayanan kepengurusan dokumen administrasi kependudukan bersama surat-surat penting lainnya, Dinas PTSP Makassar juga menggodok pelayanan publik berupa pembayaran PLN, pajak STNK Kendaraan bermotor, pembuatan SIM, hingga pembuatan passport.

“Secepatnya kita akan buka loket pengurusan passport termasuk juga pembayaran tagihan listrik , STNK dan pembuatan SIM,” ungkap Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PTSP,  Firman Hamid Pagarra, di Iconic Cafe jalan Amanagappa No 5, Rabu (27/2/2019).

Disampaikan Firman, pihaknya telah berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait, agar pelayanan kompleks bisa segera diakses masyarakat melalui Gedung PTSP bintang lima lantai 1 Menara Balaikota.

“Ini tantangan tersendiri bagi kami. Sesuai nama yang diberikan pak wali, PTSP bintang lima, artinya kita wajib memberikan pelayanan prima sekelas bintang lima untuk masyarakat. Ini amanah yang harus dikelola dengan baik,” tandasnya.

Firman mengaku, saat ini pelayanan publik PTSP  mampu mengatasi seputar masalah pelayanan publik.

Dia mencontohkan, masyarakat membludak di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) beberapa waktu lalu, lantaran sebanyak 80.000 perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) ingin dilayani.

“Kami kemudian merespon membuka juga loket untuk delapan kecamatan, dan ini berhasil mengatasi antrian yang membludak di sana” ungkapnya.

Rencananya, ke depan PTSP Kota Makassar akan memperluas pelayanannya dengan menggandeng 31 jenis perizinan ditambah dengan pelayanan PDAM dan BPJS ketenaga kerjaan.

Leave a Reply