Saling Hormat, Ciri Keluarga Sakinah

26
Bagikan via

Oleh: Indrawati

Kualitas suatu bangsa sangat ditentukan oleh kualitas keluarga sebagai unit terkecil dari masyarakat. Keluarga juga diyakini sebagai wadah pertama dan utama dalam membentuk kepribadian manusia. Karena dalam keluarga terdapat rangkaian interaksi sosial yang terkait peran dan fungsi keluarga, seperti fungsi keagamaan, budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi, pendidikan, ekonomi, dan pembinaan lingkungan.

Dalam praktek sehari-hari, untuk membangun keluarga berkualitas hendaknya masing-masing anggota keluarga memberikan perhatian terhadap peran dan fungsinya. Tujuannya ialah agar suasana komunikasi dan interaksi bisa tercipta yang pada akhirnya akan memberikan ketahanan keluarga yang lebih baik.

Ketahanan keluarga tak dapat dilihat dari adanya perbedaan pendapat. Wajar jika ada perbedaan dalam rumah tangga, namanya juga dua kepala yang berbeda.

Namun, jika ada pasangan yang sering berdebat setiap hari tanpa ada yang mau mengalah, itu tanda yang cukup jelas bahwa ada sesuatu yang berjalan tidak baik dalam pernikahan tersebut. Biasanya yang membuat perbedaan tersebut karena kurangnya rasa hormat yang menyebabkan perdebatan tak bisa dihindari.

Sikap menghormati tidak hanya berlaku untuk orang yang memiliki pangkat lebih tinggi atau yang usianya lebih tua. Sikap hormat juga perlu diterapkan dalam sebuah keluarga. Peran keluarga dalam mewujudkan sikap saling menghormati satu sama lain sangat dibutuhkan.

Pasalnya, setiap orang tentu ingin dihormati, begitu pun diri sendiri. Oleh karena itu, cobalah menghormati anggota keluarga lainnya, sama seperti Anda yang ingin dihormati oleh mereka.
Dalam hal ini, budaya saling menghormati di keluarga sangat penting, mengingat inilah tempat pertama pribadi seseorang terbentuk. Seorang manusia yang sudah terbiasa menghormati keluarganya secara tidak langsung akan menghormati orang di sekitarnya.

Waspadahi Ucapanmu

Dalam kehidupan pernikahan, setiap orang pasti mengharapkan kehidupan pernikahan bersama pasangannya bahagia serta jauh dari perselisihan. Karena di dalam pernikahan yang solid, segala permasalahan yang menghadang akan dapat diatasi dengan mudah. Oleh karena itu, bagi yang mendambakan kehidupan bahagia bersama pasangan, jauhilah pertengkaran yang tidak penting.

Dalam hal ini, hancurnya sebuah perkawinan bukan hanya karena perbuatan, tapi bisa juga karena ucapan yang membekas di hati. Nah, agar perselisihan dan pertengkaran tidak berkepanjangan, tidak membawa luka mendalam, dan tidak merusak hubungan cinta kasih yang telah terbina, sebaiknya hindarilah ucapan yang mengancam dan serta ungkapan kebencian.

Terapkan Rasa Hormat

1. Saling Bertegur Sapa

Saling bertegur sapa dengan seluruh anggota keluarga merupakan aturan dasar dalam beretika dan cara menunjukkan rasa hormat pada keluarga. Sehingga budaya saling menyapa bukan hanya untuk menunjukkan kesopanan di lingkungan sekitar.

2. Jadi Pendengar Baik

Tak ada cara yang lebih baik untuk menunjukkan rasa hormat kepada keluarga selain memperhatikan dan mendengarkan mereka dengan baik. Jadilah pendengar yang baik saat anggota keluarga bercerita, berbagi, atau berkeluh kesah. Hindari sikap tak acuh saat salah satu anggota keluarga sedang berbicara.

3. Hargai Privasi Anggota Keluarga

Setiap orang membutuhkan ruang atau waktu dimana mereka tidak ingin membaginya dengan keluarga. Sikap menghargai privasi satu sama lain adalah bentuk rasa hormat dalam keluarga. Hargai privasi anggota keluarga lainnya dengan cara tidak mengganggu kegiatan mereka masing-masing.

4. Keep Contact

Jarak tidak menjadi alasan untuk tetap menjaga sikap saling menghormati dalam keluarga. Menjaga hubungan dapat dilakukan rutin untuk menghubungi anggota keluarga yang tidak tinggal bersama. Hal tersebut merupakan bentuk sikap saling menghormati terhadap keluarga.

*Berbagai Sumber

Leave a Reply