Empuk dan Manis, Ini Resep Kue Cucuru Bayao!

139
Bagikan via

Oleh: Indrawati

Cucuru bayao adalah makanan khas yang berasal dari Sulawesi Selatan. Warna cucuro bayao berwarna kuning tua dan bentuknya bulat agak pipih. Cucuru bayao memiliki rasa yang sangat enak dan manis. Jadi, buat para penderita diabetes mesti berhati – hati memakan si cucuru bayao ini.

Dalam bahasa Makassar, Cucuru artinya kue dan Bayao yang artinya telur. Kue ini berbahan dasar dari telur, gula pasir dan kenari. Bentuknya bulat pipih dan berwarna kuning tua.

Teksturnya lembut, rasa yang manis dan gurih ditambah aroma yang nikmat dari rasa telur yang kuat, membuat Cucuru Bayao semakin nikmat.

Kue yang selalu disajikan saat pesta pernikahan dipercaya akan membuat kehidupan kedua mempelai semakin manis. Pun, dengan yang masih jomblo. Menurut masyarakat, jika anak gadis mencicipi kue khas tradisional di acara pernikahan. Maka jodohnya sebentar lagi akan tiba. Bagaimana resep membuat Cucuru Bayao? Ini resepnya!

RESEP KUE CUCURU BAYAO

Bahan :

– 30 kuning telur bebek
– 1 sdm gula pasir
– Pewarna kuning secukupnya
– Terigu secukupnya
– ½ kg kenari dicincang halus (Terigu dan kenari dicampur)

Bahan Sirup :

– ½ kg gula pasir
– Air secukupnya (Dimasak sampai gula larut)

Cara membuat :

1. Kuning telur dikocok hingga kental
2. Campurkan gula pasir
3. Ambil sedikit demi sedikit adonan telur tersebut, kemudian campurkan dengan kenari yang telah dicampur tepung terigu.
4. Tuang dicetakan-catakan kecil
5. Setelah masak, keluarkan dari cetakan
6. Langsung masukkan cucuru bayao yang telah jadi ke dalam sirup, tunggu sampai meresap, lalu angkat.

*Berbagai Sumber

Leave a Reply