Makassar Optimis Mempertahankan Swasti Saba Wistara  

62
Bagikan via

Oleh: Andi Amriani

Makassar–Untuk mempertahankan Makassar sebagai kota sehat, berbagai upaya akan dilakulan oleh pemerintah. Salah satunya melaksanakan program penunjang.

Program tersebut  diantaranya Makassar Tidak Rantasa ( MTR )Green and  Clean LiSA Lorong Garden, Home Care, Brigade kebersihan tangkasaki, Brigade anti macet dan L 2 T 2.

Sekretaris Daerah (sekda) Muhammad Ansar mengatakan, Makassar sebagai kota sehat telah berkomitmen untuk mempertahankan penghargaan yang telah empat kali di raihnya, Swasti Saba Wisatara.

Namun, untuk meraih kembali tidak mudah jika tidak ada peranan masyarakat dan Akademisi. Apalagi dalam pengelolaaan sanitasi.

“Kita siapkan sarana infrastruktur dan sarana untuk menangani masalah sampah, drainase serta  pengelolaan air bersih dan limbah air, tergantung  dari masyarakat itu sendiri bagaimana berperilaku hidup sehat,” terangnya, Jumat(22/2/2019) usai menerima Tim Verifikasi kabupaten tingkat Provinsi Sulsel.

Seperti diketahui Tim verifikasi kabupaten Kota Propinsi Sulawesi Selatan mengunjungi Kantor Wali Kota dalam rangka penilaian Kota sehat.

Ketua tim verifikasi kota sehat Propinsi Sulsel Muslimin Rasyid mengatakan, kunjungan mereka ke kantor Balai Kota  dalam rangka penilaian kota sehat.

Mereka ingin melihat secara langsung bagaimana  kondisi di lapangan terkait pelaksanaan kota sehat,  yang sudah dilaporkan oleh forum kota sehat Makassar.

“Penilaian kota sehat adalah salah satu proses yang wajib dilakukan untuk melihat langsung dilapangan apa yang sudah dilaporkab oleh Forum Kota sehat Makassar,” ucapnya.

Menurutnya Tim verifikasi yang menilai langsung  akan melakukan lebih banyak kegiatan bedah dokumen dan penyempurnaan Soft dokumen terhadap masing –  masing  SKPD yang terkait didalamnya.Dokumen yang diseleksi akan dinilai dari segi Kualitas dan kuantitas dokumen tersebut.

Dirinya mengaku Makassar adalah  salah satu kota terbaik dalam penyelenggaraan kota sehat, Karena selama ini Makassar telah  meraih Swasti Saba Wistara  sebanyak  empat kali berturut turut.

“Saya harap Kota Makassar tahun ini kembali meraih Swasti Saba Wistara untuk  yang kelima kalinya,” ujarnya.

Seperti diketahui Tim Verifikasi selain diterima Sekda Makassar, juga hadir Kepala Dinas Kesehatan Makassar Naisya Tun Azikin dan Kepala Bapeda Khadijah Iriani. (ani)

Leave a Reply