Jadi Istri Dambaan Suami. Ini Caranya!

51
Bagikan via

Oleh: Indrawati

Romantisme dalam rumah tangga sangat dianjurkan dalam Islam. Dalam hal ini menjaga kehormatan kedua belah pihak dan keluarga akan membawa bahtera rumah tangga yang sakinah, mawadah, dan warahmah.

Tidak dapat dipungkiri bahwa sikap romantis merupakan hal yang harus selalu ada dalam hubungan asmara pasangan suami istri. Bahkan kurangnya sikap romantis bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya perceraian. Oleh karena itu, sikap romantis seorang istri kepada suami akan sangat dibutuhkan untuk mewujudkan keluarga yang harmonis.

Allah Ta’ala berfirman,” Mereka (istri-istrimu) adalah pakaian bagimu, dan kamu pun pakaian bagi mereka.” (QS Al Baqarah:187).

Dalam ayat tersebut Allah Ta’ala mengibaratkan hubungan suami istri sangat indah, namun santun. Itulah hakekat romantisme. Imam Ath Thabarani menjelaskan:”Salah satu dari pengertiannya,bahwa pakaian itu bertujuan mencabut kantuk sepasang suami istri, lalu menyelimuti mereka berdua menjadi satu, ibarat bersatu dalam sebuah pakaian.”

“Empat perkara termasuk dari kebahagiaan, yaitu wanita (istri) yang shalihah, tempat tinggal yang luas/lapang, tetangga yang shalih, dan tunggangan (kendaraan) yang nyaman. Dan empat perkara yang merupakan kesengsaraan yaitu tetangga yang jelek, istri yang jelek (tidak shalihah), kendaraan yang tidak nyaman, dan tempat tinggal yang sempit.” (HR Ibnu Hibban dalam Al-Mawarid, dishahihkan Asy-Syaikh Muqbil dalam Al-Jami’ush Shahih dan Asy-Syaikh Al Albani dalam Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah).

Rasulullah Shalallahu Alahi Wasallam menganjurkan ummatnya untuk menikah. Sungguh kita patut bersyukur dengan keimanan dan ke-Islaman kita karena Islam adalah agama yang paling sesuai dengan fitrah manusia.
Dalam sebuah hadits, para sahabat pernah bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah seseorang di antara kami ini jika menyalurkan nafsunya akan mendapatkan pahala?”

Beliau menjawab, “Bagaimana pendapatmu kalau dia menyalurkan nafsunya pada perkara yang haram (berzina), apakah dia akan berdosa? Begitulah, jika ia meletakkannya pada yang halal, ia mendapat pahala.” (HR Muslim).

Dalam sebuah riwayat dikisahkan, Rasulullah Shalallahu Alahi Wasallam dan para sahabat kembali dari sebuah pertempuran. Dari Jabir bin Abdullah Radiallahu Anhu berkata: “Ketika kami sampai di Madinah, kami bersiap-siap masuk, tetapi Rasulullah bersabda,“Tangguhkanlah sampai kita memasuki malam hari, agar para istri berdandan dan berkemas-kemas dahulu sehingga ketika kamu datang istrimu benar-benar tampak cantik.” (HR Bukhari–Muslim).

Hadits tersebut mengisyaratkan agar para istri berhias secantik mungkin ketika menyambut sang suami. Hal ini dilakukan agar suami bertambah senang. Istri yang berhias serta memakai wewangian dengan niat menyenangkan suami akan mendapatkan pahala besar.

“Jika aku boleh menyuruh seseorang untuk sujud kepada orang lain, tentu aku akan menyuruh seorang istri untuk sujud kepada suaminya.” (HR Ahmad, At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam, “Tidak ada ketaatan kepada makhluk dalam hal bermaksiat kepada Khalik (Sang Pencipta).” (HR Ahmad).

Istri Idaman Suami

1. Tulus mencintai suami

Tidak semua orang bisa mencintai suaminya dengan tulus, karena tidak semua orang menikah karena alasan cinta. Beruntunglah yang menikah karena tumbuh benih-benih cinta. Oleh karena itu, tunjukkan cinta tulus anda kepada suami. Suami yang merasa dicintai oleh istri akan selalu diliputi kebahagiaan.

2. Patuh terhadap perintah suami

Tidak ada suami di dunia ini yang ingin memiliki seorang istri tipe pemberontak. Patuh terhadap perintah suami merupakan kewajiban seorang istri. Jika apa yang dikehendaki suami tidak sesuai atau kurang disukai, beritahu ia dengan cara yang paling halus. Buat ia memahami apa yangdiinginkan tanpa menyakiti hatinya.

3. Romantis

Romantisme di antara suami istri dapat mengantarkan kebahagiaan tiada tara. Sesekali menggandeng suami makan malam di luar rumah pasti membawa angin segar bagi hubungan rumah tangga.

4. Jaga penampilan

Menjaga penampilan sangat penting untuk membuat suami bahagia. Jangan ragu untuk mengunjungi salon, mengikuti klub senam atau kelas yoga. Kecantikan bukan hanya untuk anda, tetapi juga untuk suami.

*Berbagai Sumber

Leave a Reply