Adab Muslimah Gunakan Media Sosial

70
Bagikan via

Oleh: Indrawati

Perkembangan aktivitas kaum muslimin di sosial media seperti facebook, twitter,WhatsApp, dan lain sebagainya terkadang melewati batas yang ditetapkan oleh syariat. Maka perlu adanya arahan kepada para pengguna sosial media, agar memiliki nilai manfaat untuk pribadinya dan terkhusus bagi masyarakat.

Smartphone dan berbagai jenis gadget pun tak lagi menjadi suatu hal yang mewah dan istimewa. Barang ini sudah menjadi barang wajib bagi setiap orang, bahkan anak usia TK sudah memilikinya. Tentunya hal ini memiliki dampak positif untuk kemajuan teknologi serta dampak negatif yang tak dapat dihindari.

Kecepatan informasi merupakan salah satu keunggulan dari sosial media yang menjadi dua pisau bagi kaum muslimah. Hal ini bisa menjadi kebaikan, namun bisa menjadi penyebab keburukan. Oleh karenanya terdapat etika serta adab bagi muslimah dalam menggunakan sosial media.

Sekalipun banyak yang beranggapan bahwa dunia maya adalah dunia tanpa batas, namun pada hakikatnya ketika bersinggungan dengan orang lain, maka sudah pasti ada aturan formal ataupun etika yang harus dipatuhi. Kita tidak bisa bertindak tanpa mempertimbangkan kepentingan orang lain.

Dalam keseharian, kita sering mendengar ungkapan “Mulutmu adalah Harimaumu,” atau jika diterapkan dalam dunia sosial “Statusmu adalah Harimaumu,” maka dalam Islam telah diperingkat tentang pertanggungjawaban atas segala hal.

“Tidak ada satu kata yang diucapkannya, melainkan ada di sisinya malaikat pengawas yang selalu siap (mencatat). (QS Qaf:18).

Dengan menyaring setiap informasi yang diterima serta disebarluaskan, maka media sosial bisa digunakan sebagai sarana dakwah di tengah gersangnya khazanah ilmu dan informasi yang seimbang tentang Islam.

Tips Bagi Muslimah

1. Berteman dan bergaullah dengan yang baik-baik

Sama halnya di dunia nyata, di dunia maya pun kita harus memastikan berteman deengan siapa. Tak hanya itu kita dituntut untuk mengikuti orang yang mengajak pada kebaikan, serta yang meningkatkan ketakwaan, dan keimanan kita pada Allah Ta’ala.

2. Jaga diri dan jangan posting foto pribadi di sosial media

Salah satu karakteristik pemakai sosial media adalah ingin selalu menginformasikan aktivitas pribadi yang di upload melalu di sosial media. Bahasa gaulnya adalah “selfie.” Bukan tentang boleh tidak atau halal haramnya selfie, tapi yang menjadi catatan utama bagi seorang muslimah adalah berhati-hati dalam menjaga diri dan bantulah para laki-laki untuk menundukkan pandangannya.

3. Pastikan kebenaran suatu berita sebelum menyebarkannya

“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.” (QS Al Hujurat:6).

4. Jangan lupa waktu

Sampai saat ini sosial media menjadi monster pembunuh waktu nomor satu. Coba evaluasi dan hitung berapa banyak waktu kita habis untuk stalking hal-hal yang tidak bermanfaat. Jangan sampai waktu kita dihabiskan di sosial media dan melalaikan ibadah baik yang wajib maupun sunnah.

*Berbagai Sumber

Leave a Reply