PKPU Makassar, Tebar Virus Kepedulian

33
Bagikan via

Oleh: Indrawati

“Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain”. Itulah penggalan hadist yang riwayatkan Thabrani.

Menjadi pribadi yang bermanfaat adalah salah satu karakter yang harus dimiliki oleh seorang Muslim. Setiap Muslim diperintahkan untuk memberikan manfaat bagi orang lain. Perintah inilah yang menjadi landasan bagi Pos Keadilan Peduli Ummat (PKPU) sebagai lembaga kemanusiaan untuk terus menebarkan virus kepedulian bagi masyarakat.

Lembaga PKPU ini telibat dalam beberapa bidang yakni rescue (respon cepat untuk evakuasi) penanggulangan bencana, kesehatan, pendidikan, dan ekonomi.

Koordinator Relawan PKPU Cabang Makassar, Muhammad Riswan, mengatakan, relawan bantuan bencana sudah sejak lama mengenal PKPU. Jika terjadi bencana seperti kebakaran ataupun banjir relawan-relawan dari PKPU selalu telibat untuk membantu.

‘’Untuk seluruh bencana baik yang terjadi di Makassar ataupun di daerah, teman-teman relawan selalu turun untuk membantu,” katanya.

Adapun program unggulan dari PKPU mereka sebut posko dapur air dengan menyediakan kebutuhan air bagi para pengungsi atau korban bencana. Lembaga kemanusiaan ini mengusung tagline “berkhidmat untuk masyarakat, menggugah nurani, menebar peduli”.

Salah seorang relawan, Ria Anggaraini menambahkan dengan dengan aktif dalam kegiatan-kegiatan PKPU dirinya bisa memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat.

“Kegiatan peduli kepada masyarakat adalah hal yang mampu memberikan kontribusi dan aksi nyata, membangun komunikasi dan membantu langsung masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Aktivitas Lembaga

1. Pengumpulan Dana dan Bantuan Masyarakat
2. Zakat, Infak, Sedekah (ZIS) dan Wakaf serta dana CSR Perusahaan
3. Dana Khusus bencana kemanusiaan Pakaian, bahan makanan (sembako) dan obat-obatan
4. Dana Hewan Kurban

Misi Penyelamatan Kemanusiaan

1. Daerah-daerah Bencana Alam dan Kemanusiaan
2. Daerah kritis dan minus

Rehabilitasi Kemanusiaan

1. Rehabilitasi fasilitas kesehatan dan air bersih
2. Rehabilitasi fasilitas pendidikan
3. Rehabilitasi fasilitas ibadah
4. Rehabilitasi fasilitas ekonomi

Pembangunan Masyarakat

1. Pemberdayaan ekonomi umat
2. Pendidikan alternatif
3. Pembangunan pelayanan kesehatan mandiri
4. Distribusi hewan kurban

Leave a Reply