Direktorat Promkes Kemenkes Apresiasi Aplikasi Germas di Makassar

48
Bagikan via
Foto bersama rombongan Direktorat Promkes Kemenkes dengan pihak Dinas Kesehatan Kota Makassar di Gedung Dinkes Makassar, Jalan Teduh Bersinar, Jumat malam (15/02/2019). Dok.Humas

Oleh: Nur Suhra Wardyah

MAKASSAR — Direktorat Promosi Kesehatan (Promkes) Kementrian Kesehatan mengakui keunggulan Kota Makassar dalam mengaplikasikan Gerakan Masyarakat Hidup Bersih dan Sehat (Germas).

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Makassar, Drg Ita Anwar mengatakan, pihak Promkes Kemenkes sangat mengapresiasi pelaksanaan program Germas, meski belum ada regulasi yang dibuat maupun dicanangkan oleh Pemerintah Kota Makassar.

“Jadi kedatangan tim ini untuk audience terkait Program Germas. Menanyakan soal kebijakan, namun memang kita belum punya. Buat regulasi itu butuh komitmen, bukan hal yang gampang,” papar Dr Ita, Sabtu (16/02/2018).

Pertemuan rombongan Direktorat Promkes Kemenkes dengan pihak Dinas Kesehatan Kota Makassar di Gedung Dinkes Makassar, Jalan Teduh Bersinar, Jumat malam (15/02/2019). Dok.Humas

Kendati demikian, menurut pengakuan Dr Ita, tim yang menyambangi Kota Daeng sangat senang lantaran pengaplikasian program Germas sudah sangat akrab dan dikenal masyarakat, seperti rutin pemeriksaan kesehatan, makan buah, Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), tidak merokok dalam rumah dan lainnya.

Informasi tersebut diperoleh dari Focus Group Discussion (FGD) yang sebelumnya digelar di Puskesmas Sudiang. Menghadirkan perwakilan kader dari lima puskesmas di Kecamatan Biringkanaya, yakni Puskesmas Sudiang, Sudiang Raya, Paccerakkang, Bira dan Bulurokeng.

“Tim ini telah bertemu langsung dengan kader. Mereka mengakui bahwa banyak daerah yang telah memiliki regulasi namun pada pengaplikasian Program Germas masih sangat kurang,” ungkapnya.

Leave a Reply