Dirjen KPDT Bawakan Kuliah Umum di Unhas

243
Bagikan via
Direktur jendral (Dirjen) pengembangan kawasan transmigrasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (KPDT), Dr Ir H M Nurdin, M.T mengisi kuliah umum di Universitas Hasanuddin (Unhas), Jumat (15/2/2019). Dok.TimurIndonesia

oleh: Nur Suhra Wardyah

MAKASSAR — Direktur jendral (Dirjen) pengembangan kawasan transmigrasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (KPDT), Dr Ir H M Nurdin, M.T mengisi kuliah umum di Universitas Hasanuddin (Unhas), Jumat (15/2/2019).

Seratusan mahasiswa pasca sarjana memenuhi
Aula Prof Fachruddin, mereka merupakan mahasiswa pertanian, perencanaan dan pembangunan wilayah, teknik perencanaan prasarana dan teknik transportasi.

Mengangkat tema “Pembangunan Kawasan Transmigrasi di Indonesia”, Nurdin menjelaskan wajah baru transmigrasi di Indonesia dengan konsep penataan ruang dengan tiga proses utama, yaitu perencanaan tata ruang, pemanfaatan ruang, dan pengendalian pemanfaatan ruang.

Menurut alumni Teknik Pertanian Unhas ini, pengembangan kawasan transmigrasi dengan pendekatan kawasan dan kluster merupakan salah satu solusi mengatasi ketimpangan sosial yang terjadi di Indonesia.

Dikatakan, Kota Terpadu Mandiri mempunyai uraian sebaran jumlah penduduk Indonesia yang tidak merata sehingga muncul isu ketimpangan sosial dan spasial.

Penyerahan plakat dari mahasiswa pascasarjan Unhas kepada Dirjen KPDT, M Nurdin di Aula Prof Fachruddin usai kuliah umum berlangsung, Jumat (15/02/2019). Dok.Timurindonesia.com

“Mengakibatkan tingginya angka kemiskinan, timpangnya nilai indeks antar wilayah perkotaan dan perdesaan, masih adanya kesenjangan pembangunan antar wilayah, serta tingginya laju urbanisasi, maka dibutuhkan solusi yang tepat sehingga proses pembangunan di Indonesia akan lebih merata,” urainya.

Karena itu, kata Nurdin, dibutuhkan kerja keras dari berbagai pihak untuk bisa mewujudkan kesejahteraan yang lebih merata bagi kawasan-kawasan yang masih tertinggal di Indonesia, termasuk peran serta lulusan perencanaan yang berkualitas.

Kuliah umum yang berlangsung terbilang semangat, dengan umpan balik mahasiswa pasca sarjana terhadap pemaparan Dirjen KPDT melalui beberapa pertanyaan yang diajukan.

Sebelum mengakhiri kuliahnya, Nurdin menekankan pentingnya ketersediaan data yang baik, akurat, riil, dan up to date agar program yang direncanakan dapat terealisasi dengan baik bersamaan dengan evaluasi program.

Di akhir kegiatan, program pasca sarjana Unhas memberikan plakat kepada Dirjen KPDT.

Leave a Reply