Hikmah Perbanyak dan Perpanjang Sujud Kepada Allah SWT

92
Bagikan via

Oleh: Indrawati

Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak shalat) kepada Allah. Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu’.” Lalu Ma’dan berkata, “Aku pun pernah bertemu Abu Darda’ dan bertanya hal yang sama. Lalu sahabat Abu Darda’ menjawab sebagaimana yang dijawab oleh Tsauban padaku.” (HR. Muslim no. 488).

“Tidaklah hamba-Ku mendekatkan diri kepada-Ku dengan amalan shalat sunnat hingga Aku pun mencintainya. Jika Aku mencintainya, maka pendengaran yang ia gunakan untuk mendengar, penglihatan yang ia gunakan untuk melihat, tangan yang ia gunakan untuk menyentuh, dan kaki yang ia gunakan untuk berjalan akan Aku beri taufik” (HR. Al Bukhari no. 6502).

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sedekat-dekatnya seorang hamba dengan Rabbnya adalah ketika dia sedang sujud, maka perbanyaklah doa .” (HR. Muslim).

Hadits agung ini menunjukkan keutamaan dan tingginya kedudukan sujud dalam shalat serta keutamaan memperbanyak do’a di dalamny. Karena waktu sujud adalah saat yang dijanjikan pengabulan doa padanya.

Dalam hadits lain dari ‘Abdullah bin ‘Abbas Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Adapun (di waktu) sujud maka bersungguh-sungguhlah untuk berdo’a padanya, karena pantas untuk dikabulkan doamu (pada waktu itu)”.

Suatu hari Abdullah bin Umar Rodhiallohu Anhuma melihat seorang pemuda sedang shalat, dia memanjangkan shalatnya dan melamakannya, maka beliau bertanya:

“Siapa yang tahu orang itu?” Maka ada yang menjawab: “Saya.”

Beliaupun mengatakan: “Seandainya aku mengenalnya, tentu aku akan menyuruhnya untuk MEMANJANGKAN ruku’ dan sujudnya, karena aku pernah mendengar Nabi Shollallohu Alaihi Wasallam bersabda:

“Sungguh, jika seorang hamba berdiri untuk shalat; semua dosanya didatangkan, dan diletakkan di atas pundaknya. Maka setiap kali dia ruku’ dan sujud, dosa-dosa tersebut menjadi berjatuhan”.

[Lihat Silsilah shahihah: 1398, sanadnya shahih].

Dari hadist di atas, dapat di ambil kesimpulan bahwa semakin lama ruku dan sujud, maka akan semakin banyak dosa yang akan dilepaskan dari diri manusia. Ternyata tidak hanya dari segi agama saja gerakan yang lama dan khusuk ini memberikan manfaat. Dari segi kesehatan pun, memperlama ternyata gerakan ruku dan sujud juga memiliki manfaat besar.

Hikmah Sujud pada Allah SWT

1. Mengingat Allah SWT

Salah satu hikmah dari sujud syukur adalah merupakan bentuk bahwa kita selalu mengingat Allah dalam setiap perjalanan hidup, baik suka maupun duka dan merupakan akhlaq dalam islam yang terpuji.

Artinya: “Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat) -Ku”. (QS. Al-Baqarah : 152).

2. Ungkapan Rasa Syukur

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. (QS. Ibrahim : 7).

3. Bentuk Kepasrahan

Bentuk kepasrahan disini bukanlah menyerah, namun lebih kepada berserah diri kepada Allah sebagai cara agar hati tenang dalam islam. Dengam melakukan sujud syukur artinya bahwa kita benar-benar mensyukuri segala nikmat yang diberikan dan memasrahkan apa yang kemudian akan terjadi selanjutnya.

Sujud merupakan bentuk sebuah ungkapan yang melambangkan kepasrahan manusia akan semua takdir yang telah Allah SWT gariskan.

4. Semakin Mendekatkan Diri pada Allah SWT

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra., bahwasanya Rasulullah saw bersabda: Paling dekatnya seorang hamba kepada Tuhannya ialah pada waktu ia sedang sujud, oleh karena itu perbanyaklah doa.” [HR. Muslim].

*Berbagai Sumber

Leave a Reply