Rasakan Indahnya Hidup Lewat Syariat Islam

106
Bagikan via

Islam telah mengatur semua persoalan hidup manusia yang telah ditetapkan dalam Alqur’an maupun hadits. Bagi yang melaksanakan sesuai dengan tuntunan, tentu saja akan merasakan kenikmatan dalam menjalani kehidupannya.

Kejadian inilah yang menimpah mantan pesinetron cantik Soraya Abdullah ketika mendapatkan teguran dari Allah Ta’ala. Sebagai pemeluk agama Islam, ia tidak pernah menjalankan syariat Islam dalam kehidupannya.

“Saya Islam tapi tidak pernah puasa, shalat, apalagi menutup aurat. Pokoknya hidup tanpa naungan syariat Islam,” ungkapnya saat ditemui di Makassar Golden Hotel beberapa waktu lalu.

Cobaan adalah bentuk kasih sayang dan rahmat dari Allah Ta’ala. Soraya yang ditemui di salah satu acara mengatakan, harus rela kehilangan suaminya yang lebih memilih untuk pindah ke agama yang ia anut sebelumnya.

“Karena desakan keluarganya, suami akhirnya memutuskan pindah ke agama yang ia anut sebelumnya. Padahal waktu itu, suami adalah sosok yang mengarahkan saya untuk shalat, mengaji, dan berpuasa,” bebernya.

Mantan suami yang dulunya memiliki semangat untuk mengajarinya tentang agama Islam secara kaffah, harus rela ia lepaskan. Meski cobaan menimpa suami tercinta, kesyukuran datang di hati Soraya karena hidayah menghampirinya saat akan menjadi seorang ibu.

“Saya sangat bersyukur dimana saya baru saja menjadi ibu, hidayah itu datang. Saya ingin mendidik anak-anak saat masih kecil, kan enak. Alhamdulillah pas anak lahir saya sudah hijrah walaupun melaluinya dengan cara yang pahit,” ungkapnya.

Perubahan secara drastis yang dialami oleh Soraya Abdullah, nyatanya tidak mendapatkan dukungan dari keluarga besarnya. Namun baginya, walaupun tanpa dukungan keluarga besar, Soraya tidak akan meninggalkan agama Allah Ta’ala.

“Kita di dunia ini untuk mencari ridha Allah, nanti suatu ketika Allah akan melembutkan hati mereka dan menunjukkan yang hak dan batil. Yakin selama kita berjalan di jalan Allah, jangan takut akan kehilangan apa-apa. Walaupun semua meninggalkan kita jangan pernah takut,” tambahnya.

Mendapatkan Hidayah ke 2

Bulan ramadhan tahun 2005, adalah saat dimana Soraya memulai shalat, mengaji, dan berhijab. Hidayah itu kemudian datang untuk kedua kalinya, yang menurut Soraya sangat jarang didapatkan oleh manusia lainnya.

“Saya mendapatkan 2 kali hidayah di bulan ramadhan pada tahun 2007. Saya mulai memahami apakah Islam hanya sebatas zakat, puasa, haji dan semua rukun Islam maupun maupun iman. Ternyata tidak, Islam itu harus dilaksanakan secara utuh dan kaffah, “ ungkapnya.

Setelah memilih untuk hijrah secara total, Soraya mengakui bahwa ada ketenangan yang ia rasakan. Ia menyadari bahwa dirinya begitu lemah, dan selalu bergantung kepada Allah dalam setiap kehidupan manusia.

“Kita ini tidak ada apaa-apanya, semakin kita belajar maka akan semakin banyak yang tidak kita mengerti, dan kita akan mendapatkan banyaknya ujian dari situ. Dan saya berharap bahwa ujian itu adalah untuk menghapus dosa masa lalu saya, menaikkan derajat saya, dan membuat saya semakin tangguh dan kuat,”tuturnya.

Hijrah itu bukan hanya berpindah tempat, namun hijrah harus dengan pola pikir, perasaan, serta batin. Untuk mendapatkan semua itu, kita harus memiliki lingkungan yang mendukung.

Tips Istiqomah Hijrah ala Soraya:

1. Istiqomah itu berat, maka carilah teman yang sholeh. Hukum mencari teman yang sholeh itu wajib. Jangan mencari teman yang akan membalikkan kita ke dunia yang lalu atau masa jahiliyah. Memilih teman bukanlah perkara yang ringan, kita harus pintar memilih mana teman yang mampu menaikkan iman kita untuk di jalan Allah.

2. Datang ke majelis ilmu, karena disana adalah taman-taman syurga. Dengan bergabung disana, maka akan diberikan ketenangan dan diberi petunjuk serta hidayah. Ruh ini butuh makanan bukan hanya fisik kita.

3. Rajin berdzikir kepada Allah
4. Shalat tepat waktu.

*Indrawati

Leave a Reply