Kingdom Tower, Menara Tertinggi di Dunia

114
Bagikan via

Kejayaan menara Burj Khalifah di Dubai sebagai gedung pencakar langit tertinggi di dunia, tak lama lagi harus melepas gelarnya.

Melalui pernyataan tertulis, Arab Saudi pada 29 November 2015 mengungkapkan Jeddah Economic Company dan Arabia’s Alinma Investment telah menandatangani kesepakatan finansial sebesar 1,7 miliar Australia atau sebesar Rp17 triliun untuk pembangunan Jeddah Economic City Project, termasuk di antaranya Kingdom Tower yang akan menjadi bangunan tertinggi di dunia.

Tentu saja Kingdom Tower akan memegang rekor terbaru dengan tinggi gedung 1000 meter atau setara dengan satu kilometer. Diperkirakan pembangunan tersebut akan menelan biaya sekitar USD 2,2 miliar atau setara Rp30 triliun.

Seluruh pihak yang berhubungan dengan proyek ini, menegaskan akan membangun Kingdom Tower dengan layak, dimulai dari arsitektur dan material. Sehingga tidak ada kesan terburu-buru hanya untuk mematahkan rekor Burj Khalifah.

“Kami akan memenuhi tujuan perusahaan untuk menciptakan sebuah pusat perkotaan kelas dunia yang menawarkan gaya hidup canggih, sehingga Jeddah mungkin memiliki landmark ikonik baru yang menarik semua lapisan masyarakat dengan layanan yang komprehensif dan banyak kegunaan,” ujar Mounib Hammoud selaku Chief Executive Officer Jeddah Economic Company.

Kingdom Tower dan Tanda Kiamat?

Rasulullah bersabda: “Hari kiamat tidak akan terjadi, sehingga manusia berlomba-lomba membuat bangunan yang menjulang tinggi.” (HR Muslim).

Dikisahkan, pernah Rasulullah didatangi malaikat Jibril di depan Umar RA dan para sahabatnya. Allah Ta’ala kemudian mengujinya dengan beberapa pertanyaan melalui malaikat Jibril yang menjelma menjadi manusia.

Pada suatu hari kami (Umar RA dan para sahabat RA) duduk-duduk bersama Rasulullah. Lalu muncul di hadapan kami seorang yang berpakaian putih. Rambutnya hitam sekali dan tidak tampak tanda-tanda perjalanan. Tidak seorang pun dari kami yang mengenalnya. Dia langsung duduk menghadap Rasulullah. Kedua kakinya menghempit kedua kaki Rasulullah, dari kedua telapak tangannya diletakkan di atas paha Rasulullah, seraya berkata, “Ya Muhammad, beritahu aku tentang Islam.”
Lalu Rasulullah menjawab, “Islam ialah bersyahadat bahwa tidak ada Tuhan kecuali Allah dan Muhammad Rasulullah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan, dan mengerjakan haji apabila mampu.”

Kemudian dia bertanya lagi, “Kini beritahu aku tentang iman.”Rasulullah menjawab: “Beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir, dan beriman kepada Qodar baik dan buruknya.” Orang itu lantas berkata, “Benar. Kini beritahu aku tentang ihsan.”

Rasulullah berkata, “Beribadah kepada Allah seolah-olah anda melihat-Nya walaupun anda tidak melihat-Nya, karena sesungguhnya Allah melihat anda.” Dia bertanya lagi, “Beritahu aku tentang Assa’ah (azab kiamat).” Rasulullah menjawab, “Yang ditanya tidak lebih tahu dari yang bertanya.” Kemudian dia bertanya lagi, “Beritahu aku tentang tanda-tandanya.” Rasulullah menjawab, “Seorang budak wanita melahirkan nyonya besarnya, orang-orang tanpa sandal, setengah telanjang, melarat, dan penggembala unta masing-masing berlomba membangun gedung-gedung bertingkat.”

Kemudian orang itu pergi menghilang dari pandangan mata. Lalu Rasulullah bertanya pada Umar: “Hai Umar, tahukah kamu siapa orang yang bertanya tadi?” Lalu aku (Umar) menjawab, “Allah dan rasul-Nya lebih mengetahui.” Rasulullah lantas berkata: “Itulah Jibril datang untuk mengajarkan agama kepada kalian.” (HR Muslim).

*Indrawati/Berbagai Sumber

Leave a Reply