Usai Gowa, FSP Kembali Sambangi Korban Banjir di Maros

111
Bagikan via
Tim Forum Sulsel Peduli foto bersama warga Tanatekko Desa Latengai Kec.Bantimurung Kab.Maros foto dalam rangka penyerahan bantuan dari masyarakat Sulsel, Rabu (30/01/2019). Dok.Pribadi

MAROS — Forum Sulawesi Selatan Peduli (FSP) kembali menyambangi korban banjir bandang yang melanda Sulawesi Selatan sejak 22 hingga 25 Januari 2019.

Kali ini para anggota FSP mendatangi korban banjir di Dusun Tanatekko, Desa Latengae Kecamatan Bantimurung Kabupaten Maros, Rabu (30/01/2019).

Sebelumnya, tim FSP juga telah menyalurkan bantuan kepada korban banjir dan longsor di Kabupaten Gowa. Juga memberikan bantuan makanan kepada pengungsi yang berada di BTP pasca dua hari banjir.

“Kemarin kita ke Gowa, sekarang ini bantuan ke daerah ke dua di tahun 2019,” kata Ketua FSP, Patarai.

Dikatakan, bantuan yang disalurkan merupakan bentuk empati dari masyarakat Sulawesi Selatan khususnya Kota Makassar. Adapun bantuan yang disalurkan berupa sembako dan pakaian layak pakai.

Ketua FSP, Patarai dibantu warga saat mendistribusikan bantuan. Dok.FSP

“Sebenarnya ini sangat terbatas sekali, tapi kami berharap bantuan ini bisa diterima tanpa melihat dari nilainya. Sekecil apapun yang penting merata,” ungkapnya.

FSP yang baru terbentuk sejak munculnya berbagai bencana, ditandai dengan gempa Lombok beberapa waktu lalu, terus berusaha mengetuk hati siapa saja agar bisa menumbuhkan rasa kepedulian kepada sesama.

Olehnya, FSP dengan tangan terbuka selalu bekerja sama dengan masyarakat manapun dan siapapun baik pribadi maupun perusahaan untuk mendistribusikan bantuan.

Penyerahan bantuan oleh Forum Sulsel Peduli kepada warga korban banjir di Tanatekko Desa Latengai Kec.Bantimurung Kab.Maros. Dok.FSP

“Kita menggalang bantuan betul-betul buat masyarakat yang membutuhkan, jadi bukan hanya untuk bencana saja namun hal-hal yang sifatnya urgen, masalah-masalah sosial lainnya kita respon,” jelasnya.

“Kita ada sekretariat di Topaz Raya Ruko Zamrud Blok B 12, bisa langsung disalurkan ke sana,” tambahnya.

Sementara Ketua RT, Tampa, yang ditemui tim FSP mengucapkan terima kasih atas segala bentuk kepedulian masyarakat Sulsel. Khususnya dari Forum Sulsel Peduli lantaran dianggap menjadi jembatan masyarakat untuk saling membantu satu sama lain.

“Terima kasih atas kepeduliannya, bantuannya banyak atau sedikit bukan itu yg penting, tapi sudah ada buktinya karena sudah ada di depan rumah,” kata pria parubaya itu.

Warga Desa Latengae Bantimurung setelah menerima bantuan masyarakat Sulawesi Selatan yang disalurkan melalui Forum Sulsel Peduli (FSP). Dok.FSP

Tampa mengisahkan, rumahnya bersama ratusan rumah lainnya di kabupaten Maros terendam banjir selama tiga hari. Semenjak itu pula, tidak seorang pun dari warga yang berani mengakses jalan untuk bekerja maupun melengkapi kebutuhan sandang pangan.

“Kita tidak bisa tembus, juga tidak berani karena arus air deras sekali. Kita usahakan bagaimana agar makanan yang ada mencukupi selama tiga hari itu,” kisahnya.

Hal ini diperparah dengan arus listrik yang lumpuh selama lima hari. Berbagai kerugian pun dirasakan warga, seperti hewan ternak mati dan kebun yang rusak.

Penulis: Nur Suhra Wardyah

Leave a Reply