NA Tegaskan Tiga Hal Ini di Rakorsus Makassar

90
Bagikan via
Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah saat memberikan arahan pada Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Kota Makassar 2019 di Four Point by Sheraton, Selasa (29/01/2019). Dok.Humas

MAKASSAR — Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Nurdin Abdullah (NA) menekankan tiga hal arahan pada Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Pemerintah Kota Makassar tahun 2019, yang digelar di Four Point Hotel by Sheraton, Selasa (29/01/2019).

Tiga arahan yang disampaikan gubernur yang baru menjabat lima bulan ini menekankan pada penggunaan pedestrian, ketersediaan lahan parkir dan perbaikan drainase.

Gubernur NA menganggap Makassar minim tempat parkir, terlihat dari parkir liar yang kian menuai kemacetan di sudut-sudut jalan yang ada.

“Makassar ini minim tempat parkir, padahal salah satu ciri kemajuan sebuah kota itu lahan parkir yang memadai,” papar NA.

Karena itu, pada Rakorsus Makassar untuk pertama di era kepemimpinannya meminta pemangku kebijakan untuk memperhatikan perizinan pembangunan sebuah usaha, dengan meninjau secara maksimal ketersediaan lahan parkir.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto saat mendamping Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah sesaat sebelum meninggalkan lokasi Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Makassar di Four Point Hotel by Sheraton. Foto: Dok.Humas

Kendati demikian, NA pun melempar pujian terhadap pembangunan pedestrian yang telah dilakukan Pemkot Makassar. Hanya saja, NA mengharapkan masyarakat Makassar bisa lebih memaksimalkan pedestrian yang ada, dengan mengurangi penggunaan kendaraan.

“Jadi tidak boleh hanya pertumbuhan jalan dan pengendara yang maju tapi pedestrian harus lebih nyaman,” tegasnya.

Selain itu, tidak lupa Gubernur NA mengingatkan perbaikan drainase yang dianggap menjadi hal sederhana tatkala seluruh elemen masyarakat dimulai dari setiap rumah tangga menjaga drainase depan rumahnya.

“Seharusnya Makassar tetap mendapat adipura, namun tak apalah, tapi kita harus optimis tekad kita adipura kembali ke Makassar,” ungkap NA disertai tepuk tangan.

Terkait dengan tema Rakorsus Makassar 2019, ‘Makassar 4.0 Now New and Next’, NA mengaku hal tersebut perlu didukung dengan sinergi antara pemerintah provinsi dan kota harus berjalan.

 

Penulis: Nur Suhra Wardyah

Leave a Reply