Pulihkan Psikososial, Deng Ical Hibur Korban Banjir di Antang

63
Bagikan via

MAKASSAR — Wakil Wali Kota Makassar, Dr Syamsu Rizal atau yang akrab disapa Deng Ical bersama Tim Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar, memastikan pemulihan psikososial masyarakat korban banjir.

Bersama warga, ibu-ibu dan anak-anak di posko banjir, di dua titik yakni Kampung Baru dan Blok 8 Antang, Kecamatan Manggala, Deng Ical mencoba mendengarkan keluhan masyarakat, serta bercanda gurau bersama.

“Setelah memastikan kebutuhan dasar terkait makanan dan kesehatan terpenuhi, hal yang harus dilakukan yakni memastikan kepulihan kondisi psikososial mereka,” ujar Deng Ical, Sabtu (26/01/2019).

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah psikososial masyarakat seperti meminimalkan paparan media yang memberitakan tentang bencana atau peristiwa , memberikan dukungan dengan menunjukkan kepedulian dan berempati, memberi donasi dalam bentuk pangan, sandang, dan papan, mengajak korban untuk bermain dan bersenda gurau agar meringankan tekanan traumatis, dan mendengarkan cerita mereka jika mereka bersedia menceritakan.

Saat bercengkrama bersama, nampak kebahagiaan dan senyum di wajah ibu-ibu dan anak-anak yang tengah bermain, beberapa warga pun terlihat membersihkan rumah mereka.

“Yang penting sehat-sehat jaki semua toh,” ujar Deng Ical yang juga merupakan Ketua PMI Makassar.

“Iye, alhamdulillah sehat-sehat ji daeng, ini tommi rejeki ta’ di sini setiap tahun,” ujar ibu-ibu kompleks.

Editor: Nur Suhra Wardyah

Leave a Reply