Temukan Kemuliaan di Waktu Shubuh

46
Bagikan via
Ilustrasi suasana subuh/foto INT

Shalat adalah tiang agama, namun banyak ummat Islam yang tidak mampu melaksanakannya. Dalam sehari, pelaksanaan ibadah shalat ada pada lima waktu yakni Dhuhur, Ashar, Magrib, Isya, dan Subuh. Nah, rata-rata waktu ibadah tersebut yang paling sulit untuk dilaksanakan ialah shalat Subuh, khususnya bagi anak muda. Rasa malas dan kurangnya pemahaman tentang keutamaan shalat Subuh merupakan salah satu penyebabnya.

Padahal, bila melihat keutamaannya, justru shalat Subuh memiliki keutamaan yang luar biasa. Sudah banyak kisah yang mengungkapkan kemuliaan di waktu subuh, sehingga tak mengherankan jika banyak yang menjadikan shalat Subuh sebagai ukuran keshalihan seseorang.

Pejuang Subuh, sebuah komunitas yang digawangi oleh segerombolan anak muda hadir untuk mengajak orang menunaikan shalat Subuh. Ketua Divisi Kreatif Syiar Pejuang Subuh, Miskam Ayla saat ditemui di Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan, mengatakan komunitas ini dibentuk agar shalat Subuh dimakmurkan layaknya shalat Jumat.

“Di kalangan anak muda hari ini, jangankan bangun untuk menunaikan shalat Subuh. Bangun saja mereka sudah enggan bahkan acuh. Makanya, kami hadir saling memotivasi dan mengingatkan untuk memuliakan diri di waktu subuh,” terangnya.

Saat ini masih banyak pemuda yang masih terbuai dengan glamornya kehidupan Ibukota, khususnya Jakarta. Generasi muslim yang seharusnya mempunyai karya nyata dan mampu menjadi contoh malah kehilangan jati diri muslimnya.

Komunitas Pejuang Subuh hadir untuk mengembalikan pemuda pada karakternya, yakni muslim yang bertakwa. Oleh karena itu, komunitas ini mengajak para pemuda muslim untuk berani berhijrah sejak muda. Hal ini bertujuan agar anak muda kembali kepada sosok muslim yang inspiratif.

Sekretaris Jendral Pejuang Subuh Bekasi, Ikbal mengungkapkan, pemuda harus bisa menunaikan shalat Subuh di masjid untuk mendorong agar terus berada barisan terdepan. “Banyak sekali perubahan yang saya rasakan setelah rutin shalat berjamaah. Di antaranya dimudahkan rezeki,” tuturnya.

Tips Istiqomah Shalat Subuh

1. Ikhlaskan niat karena Allah dan berikanlah hak-hak-Nya
2. Bertekad dan introspeksilah diri setiap hari
3. Bertaubat dari dosa dan berniatlah untuk tidak mengulangi kembali
4. Perbanyaklah membaca doa agar Allah memberi kesempatan untuk shalat Subuh
5. Carilah kawan yang baik (shalih)
6. Tidurlah seperti yang diajarkan Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam (tidur awal, berwudhu sebelum tidur, miring ke kanan, berdoa)
7. Mengurangi makan sebelum tidur serta jauhi teh dan kopi pada malam hari
8. Ingat keutamaan dan hikmah Subuh, tulis dan gantunglah di atas dinding
9.Bantulah dengan 3 buah bel pengingat (jam weker, telpon, bel pintu)
10. Ajaklah orang lain untuk shalat Subuh dan mulailah dari keluarga

*Indrawati/Rls

Leave a Reply