Mengandung Nutrisi Tinggi, Durian Aman Dikonsumsi Pengidap Kolestrol

84
Bagikan via

Sebenarnya durian punya kandungan nutrisi yang tinggi. Sayangnya, banyak orang takut terhadap efek makan durian karena mengira buah ini dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Beredar di masyarakat bahwa durian tinggi akan kolesterol yang dapat menyebabkan hiperkolesterolemia (kolesterol tinggi). Pada kenyataannya, banyak penelitian yang menyebutkan bahwa buah berduri ini tidak memiliki kandungan kolesterol dalam buahnya, alias nol kolesterol.

Menurut Dr. Abel Soh, seorang ahli endokrin di Rafles Diabetes dan Endocrine Center, durian mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu menurunkan kadar beberapa jenis lemak dalam tubuh, seperti trigliserida dan kolesterol jahat dalam tubuh.

Jadi, anggapan yang mengatakan jika efek makan durian bisa mengakibatkan kolesterol naik tidak benar. Oleh karena itu, orang yang memiliki penyakit kolesterol tinggi sebenarnya boleh saja makan buah durian.

Meski begitu, durian mengandung sedikit lemak jenuh yang berbahaya, yang dikaitkan dengan penyakit jantung. Tidak hanya itu, durian juga memiliki kandungan kalori dan gula yang cukup tinggi, sehingga kebanyakan ahli menyarankan setiap orang membatasi jumlah durian yang dikonsumsi.

Terutama bagi mereka yang berencana untuk menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan serta orang dengan penyakit diabetes. Berikut manfaat buah durian bagi kesehatan:

1. Kaya nutrisi

Satu buah durian mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Mulai dari vitamin B, C, E, sampai mineral kalsium, magnesium, dan masih banyak lagi.

2. Menjadi antioksidan

Selain kaya berbagai vitamin dan mineral, buah durian juga memiliki zat antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas.

3. Menjaga kadar lemak

Buah durian juga bisa mencegah kenaikan kadar kolestrol serta lemak jahat (LDL) dalam darah. Sebuah penelitian menemukan kalau durian mengandung asam lemak jenis n-3 yang bisa membatasi kolestrol dalam darah. Tentu saja harus dikonsumsi dalam jumlah terbatas.

4. Kadar kolestrol nol

Penelitian juga menemukan jika buah durian tidak memiliki kandungan koletrol dalam buahnya. Walau begitu, bagi orang yang memiliki kadar kolestrol tinggi, tidak boleh mengonsumsi durian terlalu banyak.

5. Mengurangi risiko tidak subur pada PCOS

PCOS (Polycystic ovarian syndrome) merupakan penyebab ketidaksuburan pada perempuan di usia produktif. Biasanya ditandai dengan munculnya kista-kista kecil dalam indung telur. Beberapa kandungan dalam durian inilah yang bisa memperbaiki glukosa dan lemak sehingga bisa mengurangi resistensi insulin.

*Indrawati/Berbagai Sumber

Leave a Reply