Rammang-rammang, Bukit Karst yang Gagah

130
Bagikan via

Rammang-rammang adalah sebuah dermaga yang terletak di antara pegunungan karst tepatnya di Desa Berua, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan.

Untuk mencapai Rammang-rammang, pengunjung hanya membutuhkan waktu dua jam dari Kota Makassar menggunakan motor atau pun mobil. Saat sampai, suguhan menarik dengan menyusuri sungai Pute menggunakan perahu selama 15-30 menit akan membuat perjalanan semakin lengkap sebelum menyaksikan bukit karst yang gagah.

Sepanjang perjalanan, pemandangan indah berupa pohon nipa yang berjejer rapi, sungai yang bersih, dan bebatuan karst tinggi terlihat membentang di sepanjang sungai. Tak perlu biaya mahal, dengan harga Rp200-250 ribu per perahu yang bisa memuat tujuh orang, pengunjung akan menikmati destinasi wisata yang indah.

Hal ini pula yang dirasakan mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Kiki Prily, pasalnya susur sungai Pute bersama kerabat membuat dirinya senang sekaligus bisa memanjakan mata yang seharian lelah akibat aktivitas di kampus.

‚ÄúSelain bisa menyusuri sungai, bapak nelayannya juga baik. Kalau ada batuan karst yang bagus dan cocok untuk foto, kita bisa minta tolong agar kapalnya diberhentikan dulu,”tambahnya

Bagi yang penasaran dengan keindahan Rammang-rammang, pengunjung tidak akan kecewa sebab tempatnya menjanjikan ketenangan dan keteduhan karena banyaknya deretan bukit karst yang gagah.

Rammang-rammang menyuguhkan pemandangan yang begitu elok di pandang mata, sehingga siapapun tak akan sabar untuk segera mengabadikan momen dengan berfoto.

Misalnya saja, kafe yang berada di puncak Rammang-rammang, selain bisa memesan makanan tempat ini juga sering dijadikan spot untuk selfie karena tempatnya berada di atas bukit yang cukup tinggi sehingga pengunjung bisa menikmati pegunungan dan sawah yang membentang.

Menu yang ditawarkan di kafe ini adalah masakan lokal seperti ikan lamuru goreng, sambal udang, bakwan jagung, pisang goreng, aneka buah, dan lain sebagainya.

“Mulai buka Oktober 2015. Untuk pemesanan makanan akan dihitung per orang, sekitar Rp85 ribu per orang di luar minumannya,” ujar pemilik kafe Rammang-rammang, Hasmawati, belum lama ini.

Kafe ini akan dibuka setiap hari dari pagi hingga malam. Pengunjungnya pun tampak ramai baik hari biasa maupun ketika akhir pekan. Beberapa turis terlihat menikmati sajian lokal yang berada di Rammang-rammang.

Tips Hemat Berlibur

1. Persiapkan jauh hari sebelum keberangkatan

Jika punya rencana berlibur ke luar kota, persiapkanlah waktu yang lebih baik. Lebih panjang waktu persiapannya tentu lebih baik. Sisihkan auto debet dari income bulanan selama waktu yang disesuaikan dengan besarnya dana yang dibutuhkan.

2. Cermat memilih objek wisata

Carilah obyek wisata yang memang benar-benar unik dan bagus serta merupakan ciri khas tempat tersebut. Hindari pergi ke lokasi wisata yang tidak perlu dan berbiaya tinggi.

3. Pilih tempat makan sesuai budget

Sama seperti tempat rekreasi, mencari tempat makan/restoran harus sesuai dengan budget yang disiapkan. Lebih baik jika memilih tempat yang tidak jauh dari penginapan. Selain hemat waktu juga hemat ongkos.

4. Jangan jajan yang tidak perlu

Jangan lupa, selalu membawa bekal seperti roti dan minuman dalam tas. Selain lebih sehat, Anda akan terhindar dari jajan yang tidak perlu.

5. Liburan sesuai budget

Jika budget Anda saat ini tidak memungkinkan untuk bepergian jauh, liburan di dalam kota bisa menjadi pilihan yang tidak kalah menarik.

*Indrawati/Berbagai Sumber

Leave a Reply