Bikin Nagih, Ini Resep Onde – onde Sederhana Khas Sulsel

17
Bagikan via

Di Sulawesi Selatan, Onde-onde menjadi menu kue pelengkap di acara – acara khusus, seperti saat syukuran rumah baru, aqiqah, syukuran mobil atau motor, dan acara lainnya.

Selalu bikin ketagihan serta cara membuatnya yang sederhana, membuat Onde-onde gula merah selalu jadi favorit bagi kalangan dewasa hingga anak kecil. Sehingga, tak jarang, meskipun tidak ada acara khusus, banyak yang membuat khsusus untuk keluarganya di rumah. Bagaimana cara membuatnya? Yuk, ikuti resep dibawah ini.

Bahan – bahan

– 150 gr tepung ketan
– 125 ml air
– 100 gr gula merah, haluskan
– 150 gr kelapa parut
– 1/2 sdt garam

Cara Membuat Onde-onde:

1. Campurkan tepung ketan, air dan garam, aduk sampai adonan bisa dibentuk.

2. Ambil sedikit adonan tadi, pipihkan kemudian isi adonannya dengan gula merah, setelah itu bulatkan. Lakukan secara berulang-ulang sampai adonan habis dan membentuk beberapa bulatan kecil atau sedang.

3. Didihkan air setengah panci, kemudian masukkan adonan bulat bulat tadi ke dalam air yang sudah mendidih, biarkan sampai adonan mengapung, kemudian angkat dan tiriskan.

4. Siapkan piring atau tempat yang lebar, taruh kelapa parut yang sdh dikukus tadi secara terburai. Kemudian taruh satu per satu adonan diatasnya lalu gulingkan hingga kelapa parut menutupi seluruh adonan tadi.

5. Ambil piring kembali, dan susun bola onde-onde tadi di atas meja dan siap disajikan.

Penulis: Indrawati
Dari berbagai sumber

Leave a Reply