Yuk, Baca Al Kahfi dan Perbanyak Shalawat di Hari Jumat!

200
Bagikan via

Surat Al Kahfi ini termasuk surat Makiyyah, atau surat yang diturunkan di Kota Makkah. Surat Al Kahfi berjumlah 110 ayat dan menempati urutan ke 18 dari 114 surat yang ada dalam Al Qur’an.

Barang siapa membaca surah Al-Kahfi pada hari Jum’at, niscaya ia akan diterangi oleh cahaya antara dua Jumat,” (HR Hakim 3349).

Muaz Ibnu Anas Al-Juhari, Nabi SAW bersabda: “Siapa yang membaca dari Surah Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya dan siapa yang membaca keseluruhannya, maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi,” (HR Ahmad).

Rasulullah SAW Bersabda: “Barang siapa membaca Surah Al Kahfi pada hari Jum’at, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya,” (HR-Dailami).

Nabi Muhammad SAW telah memerintahkan untuk membaca awal-awal surat Al Kahfi agar terlindung dari fitnah Dajjal.

Dari Abu Darda’, Nabi SAW bersabda: “Barang siapa menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al Kahfi, maka ia akan terlindungi dari (fitnah) Dajjal,” (HR. Muslim).

Imam Nawawi ra berkata, “(Kenapa yang dianjurkan untuk dibaca adalah surat Al Kahfi?) Karena di awal surat tersebut terdapat ayat-ayat yang menakjubkan. Siapa yang mau merenungkannya, niscaya ia akan terlindungi dari fitnah Dajjal. Sebagaimana pula dalam akhir-akhir ayat surat tersebut, Allah berfirman, “Maka apakah orang-orang kafir menyangka bahwa mereka (dapat) mengambil (hamba-hamba-Ku menjadi penolong selain Aku?),” (QS. Al Kahfi: 102)” (Syarh Shahih Muslim, 6: 93).

Keutamaan Al Kahfi:

1. Dilindungi dari fitnah Dajjal

Salah satu keutamaan dari membaca surat Al-Kahfi setiap hari Jum’at atau malam Jum’at salah satunya adalah menghindarkan kita dari fitnah keji Dajjal. Sebab seperti yang diketahui, fitnah Dajjal sangat kejam, dan dapat membawa kita kepada kesesatan dan neraka Jahanam. Hal tersebut diperkuat dengan hadits berikut ini, “Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya.” (HR Dailami).

Dalam beberapa riwayat hadits, makhluk bernama Dajjal adalah seburuk-buruk makhluk yang pernah ada. Ada yang meriwayatkan dia bermata satu dengan kulit warna merah, ada yang meriwayatkan dia berbadan besar dan akan muncul dari Segitiga Bermuda. Ada pula yang mengatakan bahwa dia adalah sebuah makhluk yang memiliki tulisan “Kaf Fa Ro” yang artinya “Kafir”.Dalam sebuah hadits diriwayatkan, “Dajjal tidak akan muncul sehingga manusia melupakannya dan para Imam meninggalkan untuk mengingatnya di atas mimbar-mimbar.” (HR Ahmad).

2. Peroleh cahaya dari Allah

Salah satu manfaat membaca membaca surat Al Kahfi dengan rutin di hari Jum’at atau malam Jum’at adalah agar Allah selalu melindungi hidup kita dengan cahaya keberkahan dan petunjuk dalam kehidupan ini. Sehingga walaupun ujian dan cobaan datang, kita tetap sabar dan kuat menghadapinya.

Dalam sebuah hadits diriwayatkan, “Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad).

3. Peroleh ampunan dari Allah

Salah satu waktu yang paling baik saat memohon ampunan kepada Allah adalah di hari Jum’at, dengan taubatan nasuha yang tulus, serta membaca surat Al Kahfi.

Dalam sebuah riwayat Dari Abu Sa’id al-Khudri ra., dari Ibnu Umar ra., “Rasulullah SAW bersabda,‘Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jum’at.”

4. Terhindar dari gangguan setan

Diriwayatkan dari Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal, bahwa sebuah rumah yang dibacakan surat Al-Khafi dan surat Al-Baqarah tidak akan dimasuki setan sepanjang malam itu.

Sehingga, salah satu cara melindungi diri dari godaan setan dan segala keburukannya, menurut anjuran Rasulullah SAW adalah dengan membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at atau di hari Jum’at.

Penulis: Indrawati

Leave a Reply