Nikmati Keseruan Belajar dan Berkemah di Hutan Bengo-bengo Maros

45
Bagikan via

Mau berlibur dimana pekan ini? Ingin lokasi yang berbaur dengan alam? Hutan Pendidikan Bengo-Bengo bisa jadi rekomendasi lho. hutan pendidikan Unhas ini terletak di Desa Limapoccoe, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Hutan yang diperuntukkan untuk kegiatan praktek, penelitian, pelatihan, pengabdian dan kerjasama penelitian baik dalam maupun luar negeri ini juga bisa digunakan sebagai tempat rekreasi alam berbasis lingkungan.

“Hutan Pendidikan Unhas menghadirkan pesona hutan pinus. Merasakan kesejukan yang mengundang keheningan sampai ke relung hati. Ketika jalan-jalan di hutan pendidikan terlihat setapak dan jalannya permanen membelah hutan pinus” ujar Alumni kehutanan 1995 (Forester95), Muliyaty Arief, belum lama ini.

Selain itu Muliyaty mengatakan, hutan ini sangat cocok untuk berkemah. Sebab tersedia fasilitas seperti area kamping, aula, rekreasi alam, kegiatan outing dan villa Bugis.

” Saya, ibu serta bapak Alumni Forester 95 suka sekali berkemah di sini. Tempatnya apik karena tersedia juga mess (penginapan). Jadi seperti berada di hotel tapi nuansa alamnya terasa,” tuturnya.

Untuk mencapai objek wisata ini, pengunjung akan menempuh jarak 65 KM dari Kota Makassar dan 34 KM dari Kabupaten Maros.

“Untuk menuju lokasi Hutan Pendidikan Bengo-bengo hanya ‘memakan’ waktu kurang lebih 1 jam 30 menit dari Kota Makassar. Kendaraan roda dua maupun roda empat akan melalui jalur yang berkelok-kelok,” terangnya.

Olehnya, kehati-hatian sangat diperlukan pengendara sepanjang perjalanan. Namun, jangan khawatir, disepanjang jalan Anda akan disuguhkan pemandangan pohon pinus serta hewan seperti monyet di sisi jalan.

Tentang Hutan Bengo-bengo

1. Terletak di Desa Limampoccoe

2. Perjalanan ditempuh melalui jalur darat, kurang 1 jam 30 menit dari Kota Makassar

3. Hutan Pendidikan Bengo-bengo dikelola oleh pihak Unhas hingga perizinan wajib menyurat ke Fakultas Kehutanan Unhas

4. Tersedia cafe (minuman, makanan dll) di sisi jalan poros Bengo-bengo

Penulis: Indrawati

Leave a Reply