Yuk, Temukan Kemuliaan di Waktu Shubuh!

146
Bagikan via

Shalat adalah tiang agama, namun banyak ummat Islam yang tidak mampu melaksanakannya. Dalam sehari, pelaksanaan ibadah shalat ada pada lima waktu yakni Dhuhur, Ashar, Magrib, Isya, dan Subuh.

Nah, rata-rata waktu ibadah tersebut yang paling sulit untuk dilaksanakan ialah shalat Subuh, khususnya bagi anak muda. Rasa malas dan kurangnya pemahaman tentang keutamaan shalat Subuh merupakan salah satu penyebabnya.

Padahal, bila melihat keutamaannya, justru shalat Subuh memiliki keutamaan yang luar biasa. Sudah banyak kisah yang mengungkapkan kemuliaan di waktu subuh, sehingga tak mengherankan jika banyak yang menjadikan shalat Subuh sebagai ukuran keshalihan seseorang.

Shubuh adalah salah satu waktu di antara beberapa waktu, di mana Allah Ta’ala memerintahkan umat Islam untuk mengerjakan shalat kala itu. Allah Ta’ala berfirman,

“Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) Shubuh. Sesungguhnya shalat Shubuh tu disaksikan (oleh malaikat).” (Qs. Al-Isra’: 78)

Shalat sunnah dua rakaat sebelum Subuh saja nilai pahalanya lebih baik dari dunia dan seisinya. Apalagi, shalat Shubuhnya, berjama’ah pula. Subhanallah, insya Allah pahalanya luar biasa dahsyatnya.

Aisyah Radhiyallahu Anha meriwayatkan dari Nabi, Beliau bersabda, “Dua rakaat (sebelum) fajar (shalat Subuh) lebih baik (nilainya) dari dunia dan seisinya.” (HR. Muslim dan Tirmidzi).

Selain itu, shalat Subuh mempunyai keutamaan serta pahala. “Barangsiapa yang shalat Subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminan-Nya, maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahannam.” (HR. Muslim).

Kemudian, dalam sabda lainnya disebutkan, “Barangsiapa yang shalat isya` berjama’ah maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat Subuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya.” (HR. Muslim).

Oleh karena itu, barang siapa yang bisa memanfaatkan shalat Subuh dengan baik, maka ia akan memperoleh kemuliaan. Kemuliaan yang didapat bukan hanya untuk dirasakan di akhirat, namun dapat dirasakan pula di dunia.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pun sangat memperhatikan waktu Subuh, hingga beliau melantunkan do’a: “Allahumma baarik li ummatii fi bukuuriha (Ya Allah, berkahilah ummatku di pagi hari)”.

Tips Istiqomah Shalat Subuh

1. Ikhlaskan niat karena Allah dan berikanlah hak-hak-Nya

2. Bertekad dan introspeksilah diri setiap hari

3. Bertaubat dari dosa dan berniatlah untuk tidak mengulangi kembali

4. Perbanyaklah membaca doa agar Allah memberi kesempatan untuk shalat Subuh

5. Carilah kawan yang baik (shalih)

6. Tidurlah seperti yang diajarkan Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam (tidur awal, berwudhu sebelum tidur, miring ke kanan, berdoa)

7. Mengurangi makan sebelum tidur serta jauhi teh dan kopi pada malam hari

8. Ingat keutamaan dan hikmah Subuh, tulis dan gantunglah di atas dinding

9. Bantulah dengan 3 buah bel pengingat (jam weker, telpon, bel pintu)

10. Ajaklah orang lain untuk shalat Subuh dan mulailah dari keluarga

Penulis: Indrawati

Leave a Reply