Kembangkan Desa, Dirjen PKTrans Gandeng IKA Tekpert Unhas

232
Bagikan via

MAKASSAR –¬†Direktur Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi (Dirjen PKTrans) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) RI, Muhammad Nurdin, menggandeng Ikatan Alumni (IKA) Teknologi Pertanian (Tekpert) Unhas dalam pengembangan desa.

“Manajemen dan pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) menjadi salah satu fokus kita tahun depan. Khususnya dalam hal peningkatan potensi desa. Seperti Sulsel yang unggul dengan pertaniannya, makanya kita menggandeng IKA Tekpert Unhas,” paparnya.

Pada diskusi yang digelar IKA Tekpert Unhas, Nurdin memberikan arahan terkait visi misi Kemendesa PDTT tahun 2019-2024  di Red Corner Cafe, Jalan Yusuf Daeng Ngawing, Kota Makassar, Sabtu (29/12/2018).

Bukan tanpa alasan, Nurdin memilih jebolan Unhas. Ia menganggap Unhas memiliki mekanisasi dan Teknologi Hasil Pertanian (THP). Menurutnya, dua hal ini berperan dalam meningkatkan produksi, serta kualitas dan diversifikasi.

“Kalau teman-teman (IKA Teknologi Pertanian Unhas) bisa mengaplikasikan ilmu itu ke desa-desa, maka saya yakin mereka bisa memberikan inovasi terbaru untuk pengembangan potensi di sana,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu alumni, Ikrom Trianto menyatakan, kehadiran Dirjen PKTrans Kemendesa PDTT RI dalam diskusi kali ini dianggap dapat memberikan motivasi dan semangat bagi IKA Teknologi Pertanian Unhas dalam menyusun program kerjanya.

“Perencanaan kami memang akan lebih diarahkan untuk membantu mendampingi desa. Apalagi komoditi paling besar di desa-desa di Sulawesi Selatan, itu adalah pertanian,” tuturnya.

Editor: Nur Suhra Wardyah

Leave a Reply