Hari Aids Sedunia, Deng Ical Minta Semua Elemen Berperan

103
Bagikan via

MAKASSAR — Wakil Wali Kota Makassar, Dr Syamsu Rizal MI, mengingatkan pentingnya setiap elemen mengambil peran sesuai dengan profesinya untuk pencegahan HIV serta bersama mendorong percepatan penurunan epidemi HIV.

“Setiap orang memiliki peluang terpapar virus HIV AIDS, namun mereka juga berpeluang mengambil peran sesuai dengan profesi masing-masing untuk bergerak bersama mencegah dan mengendalikan HIV AIDS,” ungkapnya.

Hal tersebut disampaikan Deng Ical sapaannya, pada Puncak Peringatan Hari AIDS sedunia 2018 yang digelar dalam bentuk Semiloka, dengan tema “Saya Berani, Saya Sehat” di Nipah Mall, Jumat (7/12/2018).

Deng Ical meyakini, dengan peran maksimal di masing-masing profesi dipastikan dapat
mencapai tiga zero, yakni tidak ada infeksi baru HIV, tidak ada kematian akibat AIDS, dan tidak ada stigma serta diskriminasi untuk mencapai eliminasi HIV 2030.

Selain itu, Deng Ical pun mengajak seluruh masyarakat segera mengetahui status kesehatan sejak dini, sebagai salah satu cara memaksimalkan upaya pencegahan.

“Jangan ragu dan takut untuk melakukan tes HIV, ataupun melakukan pengobatan Anti Retro Viral (ARV), untuk mencegah status HIV ke AIDS,” pinta Deng Ical.

Pasalnya, dengan mengetahui status kesehatan sejak dini, maka kesehatam dan kualitas hidup tetap terjaga, sehingga akan tetap produktif untuk memberikan yang terbaik bagi diri sendiri, keluarga, dan masyarakat.

Kegiatan yang digelar Komisi Penanggulangan HIV-AIDS (KPA) Kota Makassar ini dikemas dalam bentuk edutaiment Semiloka, melibatkan lebih banyak kelompok remaja usia 15-24 tahun, berjumlah 500 orang.

Harapannya dengan terselesainya semiloka ini, masyarakat lebih tahu bagaimana pentingnya menjaga pola hidup sehat, agar terhindar dari virus HIV AIDS serta masyarakat untuk dua kali tambah lebih baik. (rls)

Editor: Nur Suhra Wardyah

Leave a Reply