IZI Latih Poktan Jeneponto Strategi Tanam Cabai

64
Bagikan via

JENEPONTO — Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) dan Zakat Infak Sedekah (ZIS) Lintasarta kembali mendorong pengembangan program Bangun Industri Desa (BID) Kelompok Tani (Poktan) binaannya melalui Pelatihan Teknik Penanaman Cabai dan Bawang Merah di rumah Kepala Dusun Sorroangin, Desa Sapanang Kec Binamu Kab Jeneponto, Ahad (02/12/2018).

Peserta yang hadir terdiri dari Ketua Gabungan kelompok tani (Gapoktan), Ketua Kelompok dan aggota kelompok tani.

Para petani diberikan pembekalan mulai dari cara pembibitan, penanaman hingga mengatasi masalah hama. Tak cukup sampai di situ, petani juga diajarkan cara pemenuhan nutrisi tanaman dari masa pra pertumbuhan, peralihan (berbunga) hingga reproduktif atau berbuah.

Narasumber yang juga merupakan Founder Petani Lorong Makassar, Munatsi menyampaikan, pemindahan bibit cabe ke tanah lapang dapat dilakukan setelah 17-21 hari atau setelah berdaun sejati yakni berdaun empat.

Sementara Ketua Kelompok Tani (Poktan), Hanai mengungkapkan, kebiasaan petani pada umumnya tidak melalui perhitungan jumlah daun atau batas waktu.

“Kalau kami di sini menanam tidak ada perhitungan daun, biasanya kalau sudah banyak daunnya langsung tanam saja,” ungkapnya.

Hasil panen cabe dan bawang merah ini akan dijadikan bahan baku untuk pengelolaan sambal dan bawang goreng UKM Cahaya Bunda yang juga merupakan binaan IZI dan ZIS Lintasarta di Desa Sapanang.

Laporan: Syaban Sartono
Editor: Nur Suhra Wardyah

Leave a Reply