Permintaan Ayam di Palu Meningkat, Stok Mulai Berkurang di Makassar

115
Bagikan via

MAKASSAR – Harga ayam potong di beberapa pasar di Makassar mulai mengalami kenaikan. Meskipun kenaikannya belum terlalu besar, pedagang mengeluhkan harga dan menyebut kenaikan tersebut disebabkan oleh menurunnya jumlah pasokan ayam dan adanya distribusikan ke Palu, Sulawesi Tengah.

Seperti menurut pengakuan pedagang di Pasar Hertasning, harga ayam mulai merangkak naik dari Rp45 Ribu menjadi Rp55 Ribu per kilogramnya.

“Sudah beberapa hari ini harganya naik. Awalnya kenaikannya lima ribu per ekor dan sampai saat ini sudah Rp10 ribu per ekornya,” ujar Pedagang Ayam, Icha, saat ditemui timuindonesia.com, Rabu (28/11/2018).

Kenaikan itu menurutnya dikarenakan jumlah stok dari para pemasok atau distributor yang mulai menipis. Hal ini disebabkan adanya pasokan dari peternak yang berkurang karena permintaan di Palu sudah besar.

Selain di Pasar Hertasning, kenaikan harga ayam potong juga terjadi di Gowa dengan harga Rp60 Ribu per ekornya.

Hasnah, pedagang ayam di pasar Katangka mengatakan sudah beberapa hari ini harga ayam selalu naik. Kenaikan ini, menurutnya, menimbukan pertanyaan dari para pembeli.

Ia mengaku tidak tahu persis penyebab kenaikan ayam potong tersebut, namun yang jelas dari para penyuplai harganya mulai ada kenaikan.

“Pembeli sudah banyak yang mengeluhkan harga. Kita tidak tahu persis sebabnya. Tapi yang saya dengar, katanya permintaan ayam ke Palu sudah besar,” jelas Hasnah.

Seperti yang diketahui, beberapa waktu lalu, Kota Palu ditimpa musibah yang membuat akses ke lokasi tersebut sulit. Oleh karenanya, semakin membaiknya kota ini membuat distribusi pangan juga berjalan lancar.

Reporter: Sya’ban
Editor: Indrawati

Leave a Reply