Mesir, Negeri Piramida yang Banyak Disebutkan dalam Alqur’an

79
Bagikan via

Mesir adalah negara yang banyak menyimpan khazanah. Negeri ini memiliki banyak gelar seperti negeri para Nabi, negeri para ulama, negeri seribu menara, “ibunda dunia” (umm ad-dunya), negeri piramida, dan sejumlah gelar lainnya.

Sampai saat ini Mesir menjadi destinasi menarik para peneliti dan turis dunia, selain menjadi tujuan para pencari ilmu agama (Islam). Bahkan Mesir dengan sejarah panjangnya diabadikan dalam Alqur’an.

Mesir merupakan Negara yang paling banyak disebutkan oleh Allah Ta’ala dalam Alqur’an. Penyebutannya itu mengalahkan penyebutan dua kota suci Ummat Islam, Makkah dan Madinah.

Artinya: Dan kami wahyukan kepada Musa dan saudaranya: “Ambillah olehmu berdua beberapa buah rumah di Mesir untuk tempat tinggal bagi kaummu dan jadikanlah rumah-rumahmu itu tempat shalat dan dirikanlah olehmu shalat serta gembirakanlah orang-orang yang beriman”. (QS Yunus: 87).

Ketika Mesir banyak disebutkan dalam Alqur’an, menunjukkan bahwa Allah Ta’ala menghendaki agar kita banyak merenungkan kejadian yang terjadi pada masa itu. Mengambil pelajaran tentang bagaimana ujian berat yang dialami Nabi Musa. Dari mulai menghadapi Fir’aun, hingga menghadapi Bani Israil yang keras kepala.

Wisata Mesir

Tidak sedikit orang yang memiliki keinginan untuk dapat mengunjungi negara-negara Islam sekitar Arab Saudi, disamping melaksanakan ibadah umrah. Tujuannya agar dapat menambah pengetahuan dan wawasan serta keyakinannya atas kebesaran rahmat Allah Ta’ala. Negara-negara Islam yang dapat dikunjungi antara lain Dubai, Turki, dan Mesir.

Mesir sangat populer dengan tempat wisata peradaban yang kuno dan menakjubkan. Tempat wisata tingkat internasional ini menyuguhkan wisata religi dan wisata sejarah. Sehingga banyak orang yang begitu penasaran ingin mengunjunginya.

1. Piramida Khufu (Giza)

Piramida khufu merupakan piramida terbesar di Mesir dengan tinggi 139 meter yang dibangun dalam rentan waktu tiga generasi oleh Khufu. Di dalam piramida biasanya terdapat mumi atau jasad para raja yang disemayamkan.

2. Sungai Nil

Merupakan sungai terpanjang di dunia dan menjadi salah satu cara yang sangat populer untuk menikmati wisata-wisata yang ada di negara Mesir, yaitu dengan berlayar menyusuri lembah sungai Nil. Sungai Nil sangat berkaitan erat dengan sejarah yang ada di Mesir, sebab pada zaman dahulu salah satu cara yang sering dilakukan untuk mengakses wilayah Mesir yaitu dengan mengarungi sungai Nil baru kemudian berlabuh di kota-kota Mesir.

3. Laut Merah (Red Sea)

Kita beranggapan bahwa warna dari lautan ini adalah merah mungkin dari namanya. Namun sebenarnya tidak, warna lautan ini biru sama seperti lautan pada umumnya. Red sebenarnya berasal dari kata “reed” yang artinya alang-alang. Laut merah memang begitu mempesona dengan keindahan hayatinya yang luar biasa, yang juga pada suatu musim merupakan tempat tumbuh subur bagi tumbuhan alang-alang. Jadi arti dari “reed sea” adalah lautan alang-alang.
Terumbu karang, keragaman jenis ikan dari berbagai belahan dunia yang berkumpul di teluk ini serta keindahan keindahan dasar laut lainnya menjadikan laut merah sebagai lokasi yang paling indah untuk atraksi menyelam.

4. Gunung Sinai

Merupakan puncak tertinggi di kota Saint Kahterine’s yang juga menjadikan tempat ini sebagai tempat yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Sejarah religi mengatakan bahwa tempat ini merupakan tempat dimana Nabi Musa mendapatkan wahyu dari Allah Ta’ala. Di puncak Gunung Sinai juga terdapat tempat peribadatan Masjid dan Gereja.

5. Alexandria

Alexandria atau nama lain Al Iskandariyya merupakan kota terbesar kedua di negara Mesir dan juga merupakan salah satu kota yang terkenal di dunia. Banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi kota ini karena disini juga terdapat sphink dan teater romawi kuno. The Great Lighthouse diakui sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

6. Kairo

Salah satu kota dengan penduduk terpadat adalah Kairo yang merupakan ibukota dari Negara Mesir serta terbesar di benua Afrika.

Sebagai pusat dari ilmu pengetahuan Islam, di Kota Kairo terdapat salah satu Univeristas Islam tertua di dunia yaitu Al-Azhar, yang sudah berdiri sejak sekitar sepuluh abad yang lalu. Setiap bangunan yang terdapat di Kairo sangat kental dengan gaya arsitektur bangunannya.

7. Sphinx

Sphinx adalah bangunan landmark bersejarah yang juga merupakan icon dari negara Mesir. Sphink Agung merupakan sphink terbesar yang ada di negara Mesir berupa patung berbentuk singa berkepala manusia.

8. Museum Mesir

Setidaknya 120 ribu barang antik Mesir kuno terdapat dalam musium ini, terdapat beberapa artefak dari dua dinasti terakhir yang memerintah Mesir. Banyak pula yang diambil dari lembah para raja. Objek makam Tutankhamen dan Royal Mummy adalah salah satunya. Dimana terdapat 27 mumi di dalamnya yang berasal dari kerajaan pada zaman Fir’aun.

Penulis: Indrawati
Dari berbagai sumber

Leave a Reply