Pentingnya Peningkatan Peserta KB MKJP

99
Bagikan via

MAKASSAR – Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Sulsel, mengadakan workshop peningkatan peserta KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dan peserta KB Pria, di Hotel Almadera, Kamis – Jumat (22 – 23/11).

Peserta workshop terdiri dari 24 kabupaten/kota, dari Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, Dinas Kesehatan, Ikatan Bidang Indonesia (IBI), dan OPD terkait lainnya.

Tujuan workshop adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan SDM pengelola KB di kabupaten/kota, dalam mensosialisasikan kebijkan peningkatan MKJP dan KB Pria.

Selain itu, meningkatkan sinergitas dan komitmen stakeholder dalam pengelolaan KB, serta membangun infrastruktur pelayanan MKJP yang aksesibil terhadap kebutuhan.

Kepala Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Sulsel Sukarniaty Kondolele mengatakan, untuk menekan angka drop out KB, maka MKJP lah solusinya. Karena dengan MKJP yang tinggi, berarti kemungkinan untuk DO sangat kecil.

“Begitu pula dengan peserta KB pria, diharapkan peserta KB tidak hanya didominasi oleh wanita, tapi pria juga bisa berperan aktif dalam ber KB,” harapnya.

Paling tidak, kata Sukarniaty, para suami memberikan dukungan kepada istrinya untuk memilih alat kontrasepsi ber KB, yang sesuai dengan kebutuhan akseptor.

Sementara, Kepala Seksi Peningkatan Kepesertaan KB, Yuniar Irwan, mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang diakukan, dengan harapan angka presentase MKJP di kabupaten/kota setiap bulannya bisa bertambah. Sehingga, bisa menekan drop out berKB.

“Semoga tujuan ber KB untuk hidup lebih bahagia, lebih sejahtera bisa tercapai,” harapnya. (Rls)

Editor : Andi Amriani

Leave a Reply