Yuk, Belajar Situs Sejarah di Taman Leang-leang Maros!

211
Bagikan via
Leang Leang, nama tempat yang satu ini mungkin sudah tidak asing bagi warga Makassar. Leang Leang yang berada di Kelurahan Leang-Leang, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan ini sangat cocok menjadi destinasi liburan sekaligus taman belajar sejarah. 
Memasukki objek wisata Leang Leang terbilang murah, sebab Anda  hanya dikenai biaya karcis Rp. 10 ribu per orang, dan bagi anak sekolah atau rombongan Rp 2 ribu per orangnya. Jarak tempuhnya pun hanya  1 jam dari Kota Makassar.
 
Di taman yang memiliki luar 1,5 hektar ini berjejer ratusan goa pra sejarah yang tersebar di perbukitan  cadas (karst). Inilah yang membuat tempat wisata ini semakin populer. 
 
‘’Goa Leang-leang selain menarik untuk berfoto, saya juga bisa sekalian wisata sejarah jadi bisa menambah wawasan’’ Ujar pengunjung asal Makassar, Nurhaya.
 
Bukan hanya itu,  di Goa Leang-leang Anda juga bisa menemukan banyak artefak serpih, bilah, serta kulit kerang yang terdeposit pada mulut goa.
 
Sebut saja,  seperti Goa Petta Kere yang  berada 300 meter di sebelah Gua Pettae. Peninggalan yang ditemukan pada goa ini adalah dua gambar babi rusa, 27 gambar telapak tangan, alat serpih bilah, dan mata panah.
 
Demi menambah kenyamanan pengunjung, di area ini telah dilengkapi dengan rumah adat, baruga, shelter, toilet, jalur tracking, papan interpretasi, serta loket penjagaan.
 
Tersedia Gazebo
 
Memiliki hawa sejuk yang dipadukan dengan suara air sungai mengalir, taman prasejarah ini terlihat lebih menenangkan. 
 
Olehnya,  bagi yang lelah berjalan, jangan khawatir di kawasan ini terdapat empat gazebo yang bisa digunakan para pengunjung untuk sekadar duduk-duduk dengan keluarga atau pasangannya sambil menikmati snack yang dibawah dari rumah.
 
Selain destinasi untuk wisatawan, hal yang tak lazim anda temukan di tempat ini adalah rombongan siswa dari berbagai sekolah yang berkunjung ke Leang-leang, Maros.
 
‘’Kalau ada anak sekolah yang berkunjung, kami menyediakan tour guide untuk menjelaskan artefak-artefak yang ada di goa ini dan mendamping guru,’’ ujar Penjaga Kawasan Leang-leang, Putra.
 
Editor : Indrawati

Leave a Reply