JELANG HARI AIDS! Hiduplah dengan Satu Pasangan, Hindari Pergaulan Bebas

185
Bagikan via
Ketua Tim PKK Sulsel LIestiaty Nurdin saat saat membuka Workshop Nasional Pencegahan Penularan HIV AIDS dan Kampanye Deteksi Dini Faktor Resiko Penyakit Tidak Menular dan Menular, Kamis (15/11)./humasprov

MAKASSAR – Menjelang hari AIDS sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember mendatang, dan masih dalam suasana peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN), Ketua Tim Penggerak Sulsel Liestiaty F Nurdin, mengingatkan kepada seluruh masyarakat di Sulsel, untuk menghindari pergaulan bebas.

“Hiduplah dengan satu pasangan saja,” katanya, saat membuka Workshop Nasional Pencegahan Penularan HIV AIDS dan Kampanye Deteksi Dini Faktor Resiko Penyakit Tidak Menular dan Menular, Kamis (15/11).

Lanjutnya, untuk pasangan suami-istri, sering ditemukan suami menjangkiti istri sebagai penderita.

Ia mengahrapakan workshop ini memberikan pemahaman lebih terkait permasalahan ini untuk diteruskan ke masyarakat.

“Tapi yang kita harapkan di sini, jangan hanya pertemuan seperti ini tetapi actionnya di lapangan yang harus lebih aktif ke masyarakat,” sebutnya dihadapan peserta workshop di Baruga Pattingalloang, Rujab Gubernur Sulsel, Jl. Sungai Tagka.

Ia mencontohkan, negara Singapura  sangat sukses memsosialisasikan hal ini. Banyak alat peraga dan informasi dipasang di ruang dan fasilitas publik dan Sulsel akan memcoba menerapkan hal ini.

Hal lain yang disampaikan adalah stunting (gagal pertumbuhan pada anak karena faktor gizi), upaya pencegahan kematian ibu dan anak tinggi ada beberapa daerah juga dilakukan PKK bekerja sama dengan petugas kesehatan.

“Itu sudah kita surati untuk pengurus PKK dan kader kesehatan untuk terus bersosialisasi ke bawah, sosialisasi kami pentingnya menjaga janin dalam makanan yang sehat,” terangnya.

 

Editor ; Andi Amriani

 

Leave a Reply